IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30244Keywords:
Teknologi Pendidikan, Pengajaran Guru, Sekolah Dasar, ImplementasiAbstract
Penelitian ini menginvestigasi implementasi teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru sekolah dasar. Teknologi pendidikan telah menjadi elemen penting dalam transformasi pendidikan di era digital saat ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi jenis-jenis teknologi pendidikan yang digunakan, metode implementasinya, dampaknya terhadap proses pembelajaran, serta tantangan yang dihadapi dalam menerapkan teknologi ini di tingkat sekolah dasar. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel, jurnal, dan publikasi terkait dari berbagai sumber akademik. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi pendidikan mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung personalisasi pembelajaran, dan memungkinkan guru untuk menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Namun, implementasi teknologi pendidikan juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, biaya, dan kebutuhan akan pelatihan yang lebih baik bagi para pendidik. Untuk memaksimalkan manfaatnya, disarankan agar pemerintah dan pihak terkait meningkatkan investasi dalam pengembangan infrastruktur teknologi dan program pelatihan bagi guru. Kolaborasi yang kuat antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat juga diperlukan untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan bahwa setiap siswa dapat merasakan manfaat dari teknologi pendidikan secara merata.Downloads
Published
2024-06-25
How to Cite
Kase , E. B. S. (2024). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8378–8385. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30244
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Emanuel B. S. Kase
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.