EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERMASALAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Nesa Sakila Universitas Islam Riau
  • Khariyani Nur Universitas Islam Riau
  • Meylina Hazalia Universitas Islam Riau
  • Dira Salsabila Universitas Islam Riau
  • Dinda Pratiwi Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau
  • Dasmarni Dasmarni Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30184

Keywords:

Bullying, Pendidikan Karakter, Sekolah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan efektivitas pendidikan karakter dalam menangani masalah bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, ialah metode dengan cara memahami teori-teori dari berbagai literatur yang berkaitan dan berhubungan dengan kajian penelitian. Temuan penelitian menunjukkan; Pertama, mayoritas terjadinya kasus bullying di sekolah disebabkan karena kurangnya pengawasan dari guru dan relasi antar siswa yang buruk. Kedua, pendidikan karakter dapat membantu menangani kasus bullying di lingkungan sekolah melalui kegiatan sosialiasi serta merealisasikan langsung pada materi pembelajaran. Ketiga, Upaya meningkatkan pendidikan karakter dilingkungan sekolah dapat dilakukan dengan memperkuat pengendalian sosial warga sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter memiliki efektivitas yang berpeluang besar dalam membantu penanganan kasus bullying atau perundungan yang marak terjadi terutama di lingkungan sekolah.  

References

Anisah, S., Mujiyatun, & Muslihatuzzahro, F. (2021). Pengawasan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 1(2), 105–116.

Azzahra, M. P., Imani, P. S., Putra, F. L. H., & Maharani, A. (2021). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menangani Perilaku Bullying.

Fatkhul Mubin, M., & Hidayati, E. (2014). Pengalaman Siswa yang Mendapatkan Bullying di SMA N 15 Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas, 2(1), 1–6.

Firmansyah, F. A. (2021). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216. https://doi.org/10.18592/jah.v2vi3i.5590

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School, 7(2), 215–224.

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya SMA/SMK Di Zaman Serba Digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109.

Pratiwi, E. F., Sa’aadah, S. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan melalui Nilai Pancasila dalam Menangani Kasus Bullying. Jurnal Basicedu, 5(6), 5472–5480. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1648

Widya Rachma, A. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241–257.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Sakila, N. ., Nur, K. ., Hazalia, M. ., Salsabila, D. ., Pratiwi, D. ., Lingga, L. J. ., & Dasmarni, D. (2024). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERMASALAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8159–8164. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30184