PENGARUH PENGGUNAAN TYPING MASTER PRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGETIK SISTEM 10 JARI MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30120Keywords:
Typing, Master, ProAbstract
Dunia Pendidikan dan dunia kerja semakin modern, menuntut hasil kerja yang cepat dan tepat, demikian juga dibidang administrasi perkantoran. Keterampilan mengetik dengan sistem sepuluh jari sangat relevan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Evolusi alat dan metode pembelajaran mengetik telah berkembang dari metode konvensional hingga penggunaan software seperti Typing Master pro, yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan mengetik secara efisien. Penelitian ini dilaksankan dengan metode kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang mengambil mata kuliah Mengetik. Data dari pre-test dan post-test di analisis dengan metode statistik menggunakan SPSS 25 untuk mengidentifikasi perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan Typing Master Pro menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai post-test dibandingkan dengan pre-test, dengan kenaikan rata-rata 8.296 poin dan perbedaan yang signifikan dengan p-value ,0.05. Hal ini menunjukkan bahwa Typing Master Pro efektif dalam meningkatkan kemampuan mengetik dengan sistem 10 jari.References
Adilla, M. A., & Windriyani, P. (2022). Pengembangan Typing Game sebagai Sarana Melatih Meningkatkan Kecepatan Mengetik Berbasis Desktop. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 8(1), 400–414.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203.
Hastuti, S., Nurfadilah, E., Amaliah, K., & Rozzi, F. (2023). Pelatihan Penguasaan Mengetik Cepat 10 Jari Dengan Metode Drill Di Sd Negeri 1 Suranenggala. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2023" Penguatan Masyarakat Pesisir Dalam Menyongsong Era Society 5.0", 1(1), 219–226.
Khoiriyah, K., & Puspasari, D. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Drill melalui Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 Jari pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Edukasi, 8(1), 6–16.
Najihah, R., & Marimin, M. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Penggunaan Media Typing Master terhadap Keterampilan Mengetik 10 Jari Buta pada Mata Diklat Otomatisasi Perkantoran Kelas X AP di SMK Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(2).
Noor, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prihatinta, T., & Suciani, I. P. (2018). Pengaruh Iringan Musik Terhadap Nilai Kecepatan Dan Ketepatan Mengetik Sistem Buta Dengan Menggunakan Bantuan Program Typing Master Pro Pada Mahasiswa. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 18–25.
Rakasiwi, S. (2023). Pengembangan Modul Dasar Kejuruan Berbasis Internet Of Things Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Program Manajemen Perkantoran Di SMK Negeri Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).
Setiawardani, M., & Suhaeni, T. (2016). Penggunaan Musik Daerah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kecepatan dan Ketepatan Mengetik Mahasiswa. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 2(3), 12–28.
Supriyadi, E., Sofiana, M., & Wahyuni, R. (2019). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Perkantoran (Typing Master dan Microsoft Word) Bagi Remaja Karang Taruna RW. 08 Kelurahan Cinere Kecamatan Cinere Depok Jawa Barat. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 100–104.
Wiwi, M. H., & Anihu, I. (2024). Pelatihan Mengetik Sepuluh Jari Pada Santri Smp Swasta Pondok Tahfidz Qur’an Nurussyarif Kota Baubau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9753–9758.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Mutmainnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.