THE EFFECTIVENESS OF INTERPERSONAL COMMUNICATION IN THE 2024 ELECTION CAMPAIGN

Authors

  • Azhar Hutomo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Robbikal Muntaha Meliala Universitas Bina Sarana Informatika
  • Romi Syahril Universitas Bina Sarana Informatika
  • Priatna Priatna Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30112

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Kampanye, Pemilu, Strategi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas komunikasi interpersonal dalam kampanye Pemilu 2024 di Indonesia. Komunikasi interpersonal, yang melibatkan pertukaran pesan antara dua atau lebih individu, memainkan peran penting dalam membentuk opini publik, mempengaruhi keputusan pemilih, dan menentukan hasil akhir dari proses demokrasi. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara acak dengan pengunjung, dan studi literatur di Kopi Kecil Stonewell, Jakarta Pusat, penelitian ini menemukan bahwa komunikasi interpersonal memiliki dampak signifikan dalam mempengaruhi persepsi dan sikap pemilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi langsung antara calon pemimpin dan pemilih dapat membangun hubungan personal yang lebih dekat, meningkatkan kepercayaan, dan memotivasi partisipasi aktif. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan risiko distorsi pesan tetap ada. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam studi komunikasi politik di Indonesia, dengan implikasi praktis yang signifikan bagi perancangan strategi komunikasi yang lebih efektif dan inklusif di masa depan.

References

Barus, R. K. I., Dewi, S. S., & Khairuddin, K. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kerja Indonesia dan Anak. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 369–376.

Caropeboka, R. M. (2017). Konsep dan aplikasi ilmu komunikasi. Penerbit Andi.

Linovita, Y., & Syafriani, D. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak Pengemis Di Pantai Muaro Lasak Kota Padang. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 2(1), 124–138.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Muhammad, A. (2005). Organizational Communication. Earth Script.

Pearson, J. C. (2011). Human Communication. McGraw Hill.

Pureklolon, T. P. (2016). Komunikasi politik. Gramedia Pustaka Utama.

Siagian, H. F. (2015). Pengaruh dan efektivitas penggunaan media sosial sebagai saluran komunikasi politik dalam membentuk opini publik. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).

Sikumbang, A. T., Ritonga, M. H., & Syahri, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Politik PPP Dalam Menjalin Hubungan Dengan Konstituen Di Kota Medan. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 208–226.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, R. (1992). Memahami Ilmu Politik, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hutomo, A., Meliala, R. M. ., Syahril, R., & Priatna, P. (2024). THE EFFECTIVENESS OF INTERPERSONAL COMMUNICATION IN THE 2024 ELECTION CAMPAIGN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8956–8959. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30112