STRATEGI KOMUNIKASI DINO RADIO 90.9 FM SAMARINDA DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR

Authors

  • Kwan , Michael Universitas Mulawarman
  • Ainun Ni'matu Rohmah Universitas Mulawarman
  • Nurliah Nurliah Universitas Mulawarman
  • Wikandana Sucipta Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30099

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Minat, Pendengar

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi strategi komunikasi Dino Radio 90.9 FM Samarinda dalam mempertahankan minat pendengar. Dilatarbelakangi oleh persaingan ketat di industri radio dan perubahan tren konsumen, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana stasiun radio mempertahankan relevansinya di tengah perubahan dinamis dalam preferensi pendengar. Metode penelitian kualitatif digunakan, melibatkan wawancara dengan manajer operasional dan kepala studio serta analisis dokumen internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stasiun menggunakan survei tahunan dan interaksi media sosial untuk memahami preferensi pendengar. Tahap perencanaan melibatkan penetapan tujuan yang jelas, analisis persaingan, dan penyesuaian konten program. Dalam pelaksanaan program, stasiun menampilkan kreativitas melalui program spesial dan interaktif, sementara evaluasi rutin dilakukan untuk memantau efektivitas strategi. Laporan tertulis dibuat secara rutin dan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Kesimpulan menegaskan komitmen stasiun untuk mempertahankan relevansinya melalui pendekatan yang inovatif, adaptif, dan berbasis pada pemahaman mendalam tentang pendengar. Saran termasuk meningkatkan interaksi dengan pendengar, mendiversifikasi konten, dan memperkuat analisis data.

References

Baran, Stanley J. 2014. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Buadya. diedit oleh Y. S. Hayati. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. II. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2021. Pengantar Ilmu Komunikasi. 20 ed. diedit oleh Y. S. Hayati. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2016. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. diedit oleh T. Surjaman. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Ginting, Desmon. 2015. KOMUNIKASI CERDAS (Panduan Berkomunikasi di Dunia Kerja). diedit oleh A. YB. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Lutfia, Lusi, dan Luvy Sylviana Zanthy. 2018. “Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Journal on Education 01(03):396–404.

Meiliawati, Anggi, dan Isharijadi. 2016. “Analisis Perbandingan Model Springate dan Altman Z Score Terhadap Potensi Financial Distress (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).” Jurnal Akuntansi dan Pendidikan 5(April):15–24.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. 40 ed. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. 1 ed. diedit oleh M. Albina. Bandung: CV. Harfa Creative.

Novrica, Corry, dan A. P. Sinaga. 2017. “STRATEGI KOMUNIKASI RADIO KOMUNITAS USUKOM FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA.” Jurnal Interaksi 1(3):1–16.

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa. 7 ed. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Putri, Vadilla Nandika. 2018. “STRATEGI KOMUNIKASI RADIO DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENDENGAR RADIO TIDAR.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi Komunikasi. diedit oleh T. Surjaman. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. diedit oleh Adipramono. Jakarta: PT. Grasindo.

Setiawan, Hanil, dan Rini Darmastuti. 2021. “STRATEGI KOMUNIKASI RADIO SUARA SALATIGA DALAM UPAYA MENDAPATKAN LOYALITAS PENDENGAR DI ERA DIGITAL (Studi Konvergensi Media Dengan Pendekatan Budaya Lokal).” Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi 13:159–74.

Soyomukti, Nurani. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. IV. diedit oleh M. Sandra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. 3 ed. diedit oleh S. Y. Suryandari. Bandung: CV. ALFABETA.

Suryadi, Edi. 2021. Strategi Komunikasi. 2 ed. diedit oleh N. Nur M. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Wulandari, Rizky Desty, dan Donant Alananto Iskandar. 2018. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 3:11–18.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

, Michael, K., Rohmah, A. N., Nurliah, N., & Sucipta, W. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI DINO RADIO 90.9 FM SAMARINDA DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT PENDENGAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8103–8111. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30099