STUDI LITERATUR: OPTIMALISASI POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK

Authors

  • Astri Oktaria Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Elsa Dwinatalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29693

Keywords:

Pojok Baca,Literasi Membaca, Minat Baca, Peserta Didik Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang optimalisasi pojok baca dalam meningkatkan kemampuan literasi membacal peserta didik. Rendahnya minat dan kemampuan membaca peserta didik di Indonesia, yang tercermin dari peringkat Indonesia dalam survei literasi internasional yang masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah melalui gerak literasi sekolah, termasuk menyediakan pojok baca di dalam kelas. Pojok baca menyediakan buku-buku pelajaran dan non pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok baca dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca peserta didik melalui penyediaan buku yang menarik, pelibatan peserta didik dalam penataan pojok baca, dan dukungan dari guru serta orang tua. Pojok baca dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya literasi membacal peserta didik di Indonesia.

References

Afriati, A., Jamaludin, U., & Ngulwiyah, I. (2021). Optimalisasi Minat Baca Melalui Program Pojok Baca di Kelas V MIN 1 Kota Cilegon. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 81-89.

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98.

Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-78.

Fithriyah, D. N., & Misnawati, M. (2023). Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membudayakan Literasi Membaca Siswa MI Islamiyah Tuban. Journal of Elementary Educational Research, 3(1), 34-44.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.

Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.

Maulida, R. E., & Arafah, A. A. (2022). Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 14(2), 83-91.

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28-36.

Padallingan, Y., & Sari, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Literasi Siswa Kelas V UPT SDN 9 Bittuang. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(2), 42-48.

Qulloh, F. I. (2021). Pengembangan literasi dalam peningkatan minat baca santri pada perpustakaan mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1(2), 71-78.

Rusniasa, N. M. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Penatih Kecamatan Denpasar Timur. (U. P. Masters Thesis, Ed.)

Vani, R. N., & Wijayanti, O. (2023). Pemanfaatan Fungsi Pojok Baca di Kelas V SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2574-2586.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Putri, A. O. ., Dwinatalia, E. ., Jamaludin, U. ., & Setiawan, S. . (2024). STUDI LITERATUR: OPTIMALISASI POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8966–8975. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29693