RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROL JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IOT

Authors

  • Risnadona Putra Milandika Politeknik Negeri Semarang
  • Widhi Bagus Nugroho Politeknik Negeri Semarang
  • Tri Raharjo Yudantoro Politeknik Negeri Semarang
  • Wahyu Sulistiyo Politeknik Negeri Semarang
  • Wiktasari Wiktasari Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2965

Keywords:

automatic, light sensor, rain sensor

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti akan melakukan kegiatan kebersihan mulai dari hal kecil seperti membersihakan diri sendiri hingga hal besar seperti membersihkan rumah. Salah satu kegiatan kebersihan yang dilakukan hampir setiap hari oleh manusia di setiap rumah tangga adalah membersihkan pakaian dengan cara mencuci hingga bersih lalu menjemurnya supaya kering. Meski dilakukan hampir setiap hari, membersihkan pakain bukan berarti tidak memiliki kendala. Karena kegiatan ini sering dilakukan oleh orang-orang di usia produktif  dan sibuk dengan kegiatan mereka sehingga mereka lupa untuk memonitor pakaian yang dijemur. Jika terjadi hujan pakaian yang sudah dicuci dan dijemur dan tidak segera di angkat atau diteduhkan maka akan basah kembali, sehingga harus dicuci ulang yang berarti membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk membersihkan pakaian kembali. Selain itu, di usia produktif ini, tak jarang orang-orang yang pilangnya terlambat hingga larut malam karena kesibukannya dan tidak bisa mengangkat jemurannya ketika sudah sore hari dan pakaian masi di luar ruangan dapat mengakibatkan pakaian lembab dan bau apek dan harus dicuci kembali. Untuk memudahkan mengontrol dan memonitor pakaian yang dijemur, diperlukan sebuah alat yang dapat meneduhkan pakaian yang dijemur secara otomatis jika terjadi hujan. Alat ini menggunakan beberapa sensor yang dapat membantu memonitor status jemuran. Menggunakan sensor hujan untuk mendeteksi hujan sehingga dapat melakukan aksi yaitu berupa meneduhkan jemuran supaya tidak kehujanan dan sensor cahaya (LDR) untuk mendeteksi cahaya matahari, ketika cahaya matahari redup yang diakibatkan mendung atau sore hari, alat dapat melakukan aksi meneduhkan jemuran supaya tidak lembab dan harus dicuci ulang kembali.

References

Abdul Karim, Abd. Wahab, Ena Marlina. 2017.Alat Penjemur Pakaian Otomatis Dengan Menggunakan Sensor Panas IC LM35 Dan Sensor LDR.Alhen Dwi Darusman, Mohammad Dahlan, F. Shoufika Hilyana. 2018. Rancang Bangun Prototype Alat Penjemur PakaianOtomatis Berbasis Arduino Uno.Alvia Setyaji, Koko Handoko. 2019. Perancangan Prototype Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor LDR Dan Sensor Basah Berbasis Arduino.Andri Setiawan. 2019. Rancang Bangun Prototype Jemuran Pakaian Otomatis Berbasis IOT Telegram Dan NodeMCU ESP32.Anju Parapat, Syaechurodji, Firdaus Surya. 2020. Rekayasa Perangkat Lunak Alat Kendali Jemuran Otomatis Menggunakan Arduino Dan Sensor Hujan/Air, Kelembaban DHT11 Dan Cahaya LDR.

Arrafi Alief Handaru, M. Jasa Afroni, Bambang Minto Basuki. 2019. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Hujan Otomatis Menggunakan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler Atmega 328P.Bagus Alvando. 2021. Prototype Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Arduino Uno.Desvita Roza, Hufri. 2020. Rancang Bangun Tirai Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya Dan Remote Control.Devie Indriyani, Esa Apriaskar, Djuniadi. 2021. Sistem Jemuran Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Arduino.Elly Mufida, Abdul Abas. 2017. Alat Pengendali Atap Jemuran Otomatis Dengan Sensor Cahaya Dan Sensor Air Berbasiskan Mikrokontroler ATmega16.Febri Sintia Ningrum, Pandji Triadyaksa. 2020. Sistem Otomatisasi Dan Kendali Jarak Jauh Lampu Smart House Berbasis Nodemcu ESP8266.Irwanto, Endi Permata, Didik Aribowo. 2018. Rancangan Prototype Alat Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor Air Dan Sensor Cahaya Berbasis Mikrokontroller Arduino," 2019.Joni Eka Candra, Very Karnadi. 2018. Smart Clothesline Berbasis Arduino.Miftahul Jannah. 2017. Rancang Bangun Atap Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor FR-04 Berbasis Arduino Uno.Mochammad Asy’ari A, Mimin F Rohmah, Sugianto. 2019.Rancang Bangun Atap Jemuran Otomatis Untuk Smart Home Berbasis IOT.Mochammad Haldi Widianto. 2018. Pengaplikasian Sensor Hujan dan LDR untuk Lampu Mobil Otomatis Berbasis Arduino Uno.Mugi Alan Prasetya, Rachmat Aulia. 2020. Prototype Penerangan Lampu Taman Otomatis Menggunakan Arduino Uno.Siska Yuliati. 2018. Rancang Bangun Prototipe Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno.Usang Joko Prasetyo. 2019. Sistem Pengendali Jemuran Pakaian Berbasis Internet Of Things.Yayan Hendrian, Yusuf Pribadi Yudatama. 2020. Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor LDR, Sensor Hujan Dan Sensor Kelembaban Berbasis Arduino Uno.

Downloads

Published

2021-12-15 — Updated on 2021-12-08

How to Cite

Milandika , R. P., Nugroho , W. B. ., Yudantoro, T. R. ., Sulistiyo, W. ., & Wiktasari, W. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROL JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IOT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 292–301. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2965