MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKUNTABILITAS SEKOLAH DI SD NEGERI SEMBOJA 02 TEGAL

Authors

  • Dian Kurniati UIN Saizu Purwokerto
  • Muh. Hanif UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29639

Keywords:

Manajemen keuangan; Akuntabilitas pembelajaran; Pembiayaan Pendidikan

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mendalami lebih lanjut. Komprehensif serta menganalisis penanganan uang sekolah dengan tujuan meningkatkan akuntabilitas pendidikan di SD Negeri Semboja 02 pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, khususnya didukung oleh Metode Deskriptif . Informasi diperoleh melalui observasi, wawancara, serta analisis dokumen bersama partisipasi dari topik penelitian meliputi komite yang terdiri dari bendahara sekolah , para pendidik, dan kepala sekolah. Penelitian tersebut dilakukan di SD Negeri Semboja 02 Tegal. Temuan dari studi ini meliputi: (1) Penjelasan mengenai interaksi antara kepala sekolah dan staf sekolah dalam pengelolaan keuangan, analisis dampak manajemen keuangan terhadap akuntabilitas administrator dan staf sekolah, (2) Biaya yang terkait dengan pengelolaan keuangan dan bagaimana praktik manajemen keuangan mempengaruhi efisiensi biaya transaksi keuangan sekolah, (3) Teori yang mempertimbangkan kepentingan dan harapan dari berbagai pemangku kepentingan seperti siswa, guru, dan masyarakat. luas dalam mengelola keuangan sekolah dalam meningkatkan akuntabilitas sekolah di SD N Semboja 02 tegal. Dari penulisan jurnal ini diharapkan kepla sekolah dan para staf dapat meningkatkan kerjasama untuk akuntabitas pembelajaran dan pembiayaan pendidikan. Kepala sekolah dan staf pengelolaan keuangan lembaga pendidikan memegang peran penting dalam menjaga keteraturan dan pengelolaan keuangan sekolah, Dengan memiliki sistem yang teratur dan transparan, dana sekolah dapat dikelola dengan efisien dan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Ketika para pemangku kepentingan merasa yakin bahwa dana sekolah dikelola dengan baik dan transparan, mereka terhadap sekolah, juga memperkuat hubungan antara sekolah. Kepercayaan yang tumbuh dengan sendirinya akan memperkuat ikatan antara sekolah dan pelanggan pendidikan, dalam menciptakan suasana yang mendukung bagi proses belajar-mengajar

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Kurniati, D. ., & Hanif, M. (2024). MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKUNTABILITAS SEKOLAH DI SD NEGERI SEMBOJA 02 TEGAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7435–7445. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29639