PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGENAI TEKS ULASAN FILM/DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAJENE

Authors

  • Asri Aulia Ainun Universitas Islam Makassar
  • Jumriati Jumriati Universitas Islam Makassar
  • Erniati Erniati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29505

Keywords:

Teks Ulasan Film/Drama, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization.

Abstract

Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia mengenai teks ulasan film/drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa mengenai teks ulasan film/drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes diantaranya observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia mengenai teks ulasan film/drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkajene. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan nilai siswa dalam menulis teks ulaan film/drama dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 85. Kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi menjadi 95. Penelitian ini dikatakan sudah berhasil karena sudah melampaui nilai KKM yang tentukan sekolah yakni dengan nilai 75.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Ainun, A. A. ., Jumriati, J., & Erniati, E. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGENAI TEKS ULASAN FILM/DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKAJENE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7222–7233. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29505