PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V SDN SEDATIGEDE 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29408Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif; Model Make A Match; Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. dimana pada perbedaan hasil belajar IPAS kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian Quasi Eksperimental. dengan desain posttest only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sedatigede II tahun pelajaran 2023/2024, sebanyak 3 kelas. Sampel diambil dengan cara simple random sampling sebanyak 2 kelas, sehingga diperoleh kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan Uji T-test. Dimana dalam Uji T-test ini data yang didapat dapat dilakukan dengan pengujian yaitu normalitas, homogenitas, hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.Hasil ini ditunjukkan oleh hasil Uji T-test menyatakan bahwa sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. Selanjutnya, terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 82,4 sedangkan kelas kontrol 72,32. Berdasarkan temuan di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Sedatigede 2.References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70-77.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Universitas (Stuttg), 137, 142.
Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan model kooperatif teknik make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan buatan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Danasasmita, W. (2013). Model pembelajaran dan pendekatannya. Bandung: Direktori Universitas Pendidikan Indonesia.
Faslia, F. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2071-2078
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Juhji, J. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran ipa. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 9-22.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.
Munir, M. K., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari.
Mutiani, M., Subiyakto, B., Jumriani, J., Aslamiah, A., & Afrina, A. (2019). Laporan Penelitian: Relevansi Modal Sosial Dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di Smp Negeri Kota Banjarmasin).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisya Farikhatul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.