PENGARUH EKONOMI DIGITAL DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN UMKM DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Nabilah Qurrotul ’Aini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nurmala Galuh Pramesti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ruri Istia Damayanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita R. Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29339

Keywords:

Digital Economy, Digital Marketing, MSME Income

Abstract

Era modern yang biasa disebut revolusi industri 4.0 atau 5.0 dipenuhi dengan teknologi maju dan konektivitas internet tanpa batas, hal tersebut berdampak pada ekonomi dan pemasaran berlandaskan digital terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam sektor ekonomi digital, para pelaku UMKM memiliki potensi transformasi yang besar dengan menjelajahi dan memanfaatkan digital untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital dan pemasaran digital terhadap tingkat pendapatan UMUM di Kota Surabaya. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 220 orang responden, yang merupakan pelaku UMKM di Kota Surabaya bagian utara. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari responden menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa ekonomi digital dan pemasaran digital berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di Kota Surabaya, selain itu ekonomi digital dan pemasaran digital juga berpengaruh secara simultan terhadap pendaptan UMKM di Kota Surabaya.

References

Hidalyalt, Al. , Leesmalnal, S., & Laltifalh, Z. (2022). Peeraln UMKM (Usalhal Mikroe Keecil Meeneengalh) Dallalm Peembalngunaln Eekoenoemi Nalsioenall.

Juwital, Oe., Firdoensyalh, Al., Alli, M., Widoedoe, Al., & Isnalntoe, R. (2022). Studi Liteeraltur Plaltfoerm Digitall Seebalgali Salraln Dallalm Meengeembalngkaln UMKM. Infoermaltics Joeurnall Voel. 3 Noe. 2.

Khalirunnisal, C. (2022). Peemalsalraln Digitall Seebalgali Stralteegi Peemalsalraln : Coenceeptuall Palpeer. Jurnall Alplikalsi Malnaljeemeen daln Inoevalsi Bisnis Voel. 5, Noe. 2, 2621-3230.

Pallupi, D. (2021). Stralteegi Peemalsalraln Digitall Balgi UMKM Keecalmaltaln Woenoekroemoe Koetal Suralbalyal . Jurnall LEeEeCOeM (Leeveeralgee Eengalgeemeent Eempoeweemeent).

Purbalningrum, Al. ,. (2021). Keesialpaln daln Stralteegi UMKM meenghaldalpi Eeral Eekoenoemi Digitall (Studi paldal UMKM di Kalbupalteen Ngalnjuk). Proesiding Naltioenall Seeminalr oen Alccoeunting, Finalncee, alnd Eecoenoemics Voel 1 Noe. 8.

Ralhmal, I. K. (2020). Peeraln Peemeerintalh Dallalm Meeningkaltkaln Peendalpaltaln UMKM . Jurnall Calpitall (Keebijalkaln Eekoenoemi, Malnaljeemeen daln Alkuntalnsi) Voel. 3 Noe. 2 2020.

Ralmaldalni, D. F., , & Syalrialti, Al. (2020). Eekoenoemi digitall daln Peersalingaln Usalhal Seebalgali Peendoeroeng Peendalpaltaln UMKM di Koetal Malkalssalr. Jurnall oef Reegioenall Eecoenoemics Voel. 1, Noe. 1 Deeseembeer 2020, 24-33.

Salrfialh, S. N., Altmaljal, H. Ee.,, & Dialn Malrlinal Veeralwalti. (2019). UMKM Seebalgali Pilalr Meembalngun Eekoenoemi Balngsal . Jurnall REeP ( Riseet Eekoenoemi Peembalngunaln), 137-146.

Salri, N. Al. (2019). Peengalruh peerkeembalngaln eekoenoemi digitall teerhaldalp peendalpaltaln peelalku usalhal UMKM di Koetal Malkalssalr . Cheemicall Infoermaltioen alnd Moedeeling, 189-199.

Simalrmaltal, J., Budialrtal, K., & Ginting, S. Oe. (2021). Eekoenoemi daln Bisnis Digitall.

Suwalrni, Ee. ,. (2019). Peelualng daln Halmbaltaln Peengeembalngaln Usalhal Mikroe Paldal Eeral Eekoenoemi Digitall . Ikralith Eekoenoemikal Voel 2 Noe 2 Juli 2019, 29-34.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

’Aini, N. Q., Pramesti , N. G., Damayanti, R. I., & Pandin, M. Y. R. (2024). PENGARUH EKONOMI DIGITAL DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN UMKM DI KOTA SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 71927203. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29339