ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA E-PAYMENT GOPAY DALAM MENCAPAI PRODUCT MARKET FIT MENGGUNAKAN VALUE PROPOSITION CANVAS

Authors

  • Marhami Marhami Universitas Sangga Buana
  • Erika Nurmartiani Universitas Sangga Buana
  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana
  • Ony Djogo Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29281

Keywords:

GoPay, Analisis, E-Payment, Value Proposition Canvas, Customer Profile.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen pengguna platform E-Payment terhadap produk dan jasa yang ditawarkan GoPay menggunakan Value Proposition Canvas. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami sejauh mana nilai proposisi yang ditawarkan oleh GoPay cocok dengan permintaan dan kebutuhan pengguna E-Payment di PT. Reka Cipta Solusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa persepsi pengguna E-Payment terhadap GoPay berdasarkan alat identifikasi Customer Profile pada Value Proposition Canvas yang terbagi menjadi tiga blok Customer jobs, Customer pains, dan Customer gains serta produk dan layanan yang ditawarkan oleh GoPay kepada penggunanya berdasarkan alat identifikasi Value Map pada Value Proposition Canvas yang terbagi menjadi tiga blok Product and Services, Pain relievers, dan Gain Creators, yang kemudian dilanjutkan dengan perangkingan dan pemetaan menunjukkan bahwa terdapat kecocokan (Product Market Fit) antara kebutuhan dan keinginan konsumen dengan nilai proposisi yang dimiliki oleh E-Payment GoPay. Dapat disimpulkan bahwa produk dan jasa yang ditawarkan oleh GoPay telah berhasil mencapai Product Market Fit di PT. Reka Cipta Solusi.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Marhami, M., Nurmartiani, E. ., Kosasih, K., & Djogo, O. . (2024). ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA E-PAYMENT GOPAY DALAM MENCAPAI PRODUCT MARKET FIT MENGGUNAKAN VALUE PROPOSITION CANVAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6816–6825. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29281