PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Cahya Dwi Hidayati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ariga Bahrodin Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29192

Keywords:

LKPD, CTL (Contextual Teaching Learning), IPAS

Abstract

IPAS menjadi salah satu muatan mata pelajaran yang baru saja diterapkan dalam Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka, dan model pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam penerapan Kurikulum Merdeka ini adalah pembelajaran berbasis Kontekstual/CTL ( Contextual Teaching Learning ), sedangkan bahan ajar yang dipergunakan pada umumnya berisi latihan-latihan soal dan ringkasan materi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa diperlukan bahan ajar LKPD yang sesuai kebutuhan untuk mengakomodasi guru agar mudah dalam hal terkait penyampaian materi pembelajaran, sehingga siswa bisa dengan mudah memahami materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis CTL ( Contextual Teaching Learning ). Metode pelaksanaan penelitian dan pengembangan ini menerapkan model 4D. Pada model ini, dijumpai 4 langkah, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate . Pada penelitian ini terdapat 2 jenis data, yaitu data kualitatif yang diperoleh dari masukan, saran dan tanggapan para validator dan data kuantitatif yang diperoleh pada keluaran validasi LKPD. Validator tersebut adalah ahli materi, ahli desain bahan terbuka, dan ahli pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini menampilkan bahwa LKPD IPAS Kurikulum Merdeka berbasis CTL ( Contextual Teaching Learning ) pada bahan ajar Mengubah Bentuk Energi untuk peserta didik kelas IV di MI Al-Ittihad Jogoroto masuk ke dalam kategori sangat layak, hal tersebut dibuktikan dengan skor validitas yang diperoleh yakni sebesar 94%. 

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Hidayati, C. D., & Bahrodin, A. . (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7967–7976. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29192