ANALISIS MEDIA MAGIC MIRROR SEBAGAI TERAPI MOTORIK HALUS TERHADAP ANAK DISLEKSIA

Authors

  • Isnaini Zuhrotul Universitas Muria Kudus
  • Salsabila Clarisa Aura Universitas Muria Kudus
  • Ruby Arcivid Chorynia Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29127

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Media Pembelajaran, Magic Mirror, Disleksia

Abstract

Manusia lahir ke dunia dengan keadaan yang tidak selalu sama, terkadang dalam beberapa kasus terdapat beberapa dari kita yang tidak beruntung ketika dilahirkan. Seorang anak merupakan karunia dari Tuhan untuk kedua orang tuanya bahkan bangsa dan Negara, pada sebagian individu yang lahir kedunia ini, mereka lahir dengan keterbatasan yang dimilikinya yang menjadikan mereka memiliki fisik atau psikis dengan kondisi tidak normal atau terdapat kelainan. Pendidikan inklusi diperuntukkan bagi peserta didik yang berkelainan pada (fisik, mental intelektual, emosional, dan sosialnya) atau peserta didik dengan bawaan kecerdasan yang luar biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Datar, Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Field Research (Penelitian Lapangan) yang berdasarkan pada penelitian kualitatif. Analisis data dalam penelitian deskriptif dijabarkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan tidak dalam bentuk angka. Dari hasil menggunakan media Magic Mirror tersebut dapat dinyatakan bahwa media tersebut efektif sebagai media belajar menulis bagi anak disleksia maupun anak yang berada pada tahap menulis permulaan di kelas rendah maupun sekolah dasar. Jika media ini digunakan secara berkelanjutan, maka anak disleksia akan terbantu dalam proses belajar.   

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Zuhrotul, I., Clarisa Aura , S., & Arcivid Chorynia , R. . (2024). ANALISIS MEDIA MAGIC MIRROR SEBAGAI TERAPI MOTORIK HALUS TERHADAP ANAK DISLEKSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7187–7191. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29127