IMPLEMETASI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMK BAKTI MANDIRI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29076Keywords:
Kurikulum Merdeka, Kewirausahaan, Program KewirausahaanAbstract
Penelitian ini mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan siswa di SMK Bakti Mandiri Bekasi. Melalui metode kualitatif deskriptif, data diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Langkah-langkah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi telah diambil oleh sekolah. Program Wirausaha Koperasi Kelas memberikan pengalaman praktis, sedangkan mata pelajaran kewirausahaan memberikan landasan teoritis. Kegiatan pendukung seperti seminar kewirausahaan juga memberikan dorongan motivasi. Ini menandakan komitmen SMK Bakti Mandiri Bekasi dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang kompetitif dan meningkatkan perekonomian negara. Implementasi holistik ini mencerminkan visi sekolah dalam menciptakan lulusan yang mandiri dan berkompeten. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan industri dan menghasilkan generasi yang siap bersaing di pasar kerja global. Hasilnya diharapkan dapat mendukung transformasi pendidikan menuju pembangunan yang berkelanjutan, sesuai dengan arah kebijakan nasional dan internasional.References
Ali Sudin. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Upi Press.
Aviati, Y. (2015). Kompetensi Kewirausahaan; Teori, Pengukuran dan Aplikasi.
Badan Pusat Statistika. (2024). Banyaknya Usaha Mikro dan Kecil menurut Kabupaten /Kota (Unit), 2020-2022. Jabar.Bps.Go.Id.
Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Tahta Media Utama.
Kemendikbud. (2023). Kolaborasi Jadi Kunci Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK. Kemendikbud.Go.Id.
Muhammad, T., Setyastutik, Anwar, K., Setiono, A., Rido, A., Murtafiah, N. H., & Gali, B. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1356–5941), 12–19.
Saripah, S., & Sari, M. N. (2023). Kesiapan Mahasiswa Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 694–698.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. In Alfabeta.
Sulastri, A. S. (2006). Kewirausahaan Untuk Sekolah Menengaah Kejuruan. In grafindo.
Syafaruddin, A. M. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208.
Zainuri, Ah. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(1), 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmah Eka Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.