ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA UD. ELI KARYA DI KECAMATAN LAHEWA TIMUR KABUPATEN NIAS UTARA

Authors

  • Heppy Lianus Gea Universitas Nias
  • Aferiaman Telaumbanua Universitas Nias
  • Perlindungan F. Hulu Universitas Nias
  • Serniati Zebua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28933

Keywords:

Total Quality Management, Product Quality

Abstract

Gea, Heppy Lianus, 2023. Analisis Penerapan Total Quality Management dama Meningkatkan Kualitas Produk pada UD. Eli Karya di Kecamatan Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara. Skripsi Prodi Manajemen Universitas Nias. Pembimbing Aferiaman Telaumbanua, S.E.,M.M  Total Quality Management merupakan cara terbaik agar dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global dengan menghasilkan kualitas terbaik. Untuk menghasilkan kualitas terbaik diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, dan lingkungan secara terus-menerus. UD. Eli Karya merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang produksi batako pres dan paving blok telah mengikuti pekembangan sistem terlebih khusus dalam penerapan total quality management, namun hal ini tentu belum sepenuhnya optimal dikarenakan sering terjadi kendala-kendala yang dapat menghambat pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis penerapan Total Quality Management dalam menghadapi permasalahan tingkat kegagalan produk yang tinggi dan kurangnya kehandalan dan kepercayaan konsumen pada UD Eli Karya di Kecamatan Lahewa Timur Kabupaten Nias Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Eli Karya telah memiliki fokus pada pelangan dan komitmen jangka panjang untuk meningkatkan kualitas produk, dilihat dalam langkah-langkah konkret seperti penambahan bahan material dan pemeriksaan mesin secara berkala. Meskipun demikian, temuan juga mengindikasikan bahwa perbaikan sistem berkelanjutan, pendidikan dan pelatihan serta, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan meskipun menjadi fokus utama masih perlu ditingkatkan.

References

Lowing, S., J, Tinangon., S, Walandouw. (2014). Total Quality Management (TQM) Pengaruhnya Terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Pengadaian (Persero) Kanwil V Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 2, Hal.1055-1066.

Juharni, M. S. (2017). Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management. Sah Media, Jakarta.

Goetsch dan davis. 2013. Quality management, fourth edition. Cram101 incorporated.

Nasution, M. N. (2015). Integrated quality management (total quality management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Azura, S. Y. (2020). Analisis Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kualitas Produk (Studi Kasus Pada CV. Sinar Mandiri).

Ramadani, F. (2020). Analisis Penerapan Total Quality Management Dalam Menjaga Kualitas Produk Air Mineral Dalam Kemasan Merek Sabina Pada Pt. Sabina Tirta Utama Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 8(2), 111-117.

Tiho, R., Jan, A. B., & Karuntu, M. M. (2022). Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Pada PT. Dayana Cipta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1147-1156.

Faruk, U. (2020). Analisis Total Quality Management (Tqm) Berbasis Fokus Pada Pelanggan Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Di Pt. Arwana Citramulia Plant Iii Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Pesantren Tinggi Darul'Ulum).

Lamato, B. R., Jan, A. B. H., & Karuntu, M. M. (2017). Analisis Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Asegar Murni Jaya Desa Tumaluntung KAB. Minahasa Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi,

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Gea, H. L. ., Telaumbanua, A. ., Hulu, P. F., & Zebua, S. . (2024). ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA UD. ELI KARYA DI KECAMATAN LAHEWA TIMUR KABUPATEN NIAS UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6324–6330. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28933