PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PASAR MODAL DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Authors

  • Nurfitraeny Nasruddin Universitas Patompo
  • Sitti Maryam Universitas Patompo
  • Eka Adnan Agung Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28931

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery  terhadap hasil belajar ekonomi pada materi pokok pasar modal di SMA Negeri 11 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Makassar, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dipilih 2 kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas control. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essai yang terdiri dari 10 soal yang dinyatakan valid. Teknik analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired samples t-test dan Uji Independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 74,42 dan kelas control 65,33. Hasil uji t independent sample t-test  dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 3,460 dan ttabel = 1,997 sehingga thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model discovery terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pasar modal.

References

Dinata Sirna, Nurul Afifah, E. A. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar (Pp. 1–5).

Erni Dwi Astuti, Rachmat Sahputra, R. R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Materi Koloid Sma Negeri 1 Rasau Jaya. Untan Pontianak.

Kadri Muhammad, M. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Muhammad Kadri Dan Meika Rahmawati. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 29–33.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Patent No. 103).

Rahayu, I. P., Tyas, A., & Hardini, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tematik. Journal Of Education Action Research, 3(3), 193–200.

Rizky, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Sma Negeri 29 Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sibuea, S. K. (2019). Penerapan Model Discovery Learning. Pascasarjana UIN-SU Medan.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Nasruddin, N. ., Maryam, S. ., & Agung, E. A. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PASAR MODAL DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6319–6323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28931