ANALISIS PENERAPAN METODE FULL COSTING DAN VARIABEL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DI RUMAH INDUSTRI KEMPLANG MENTAH DI JAKABARING (SURVEY PADA RUMAH INDUSTRI KEMPLANG MENTAH DI JAKABARING)

Authors

  • Nadilah Nadilah Universitas Indo Global Mandiri
  • Andini Utari Putri Universitas Indo Global Mandiri
  • Mutiara Kemala Ratu Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28929

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing, Metode Variabel Costing

Abstract

Dengan adanya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing dan variable costing, lalu membandingkan metode mana yang lebih efektif digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunkan sumber data primer dapat diperoleh melalui observasi,studi pustaka serta wawancara serta teknik analisis yang digunakan ialah mengumpulkan data biaya produksi kemplang mentah lalu mengklasifikasikan biaya tersebut ke biaya tetap dan biaya variabel, lalu menghitung biaya tersebut menggunakan metode full costing dan variabel costing. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok variabel costing lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing. Harga pokok produksi yang dihitung menggunakan metode full costing yaitu sebesar Rp. 199,189 dan menurut metode variabel costing yaitu sebesar Rp. 168,4, selisih dari kedua metode tersebut ialah sebesar Rp. 30,789. Hal ini disebabkan karena dalam perhitungan biaya overhead pabrik tidak memasukkan biaya kantong plastik dan karung. Artinya menurut perhitungan pemilik kemplang mentah dirasa kurang efektif sehingga laba yang didapatkan juga kurang efesien.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Nadilah, N., Putri, A. U. ., & Ratu, M. K. . (2024). ANALISIS PENERAPAN METODE FULL COSTING DAN VARIABEL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DI RUMAH INDUSTRI KEMPLANG MENTAH DI JAKABARING (SURVEY PADA RUMAH INDUSTRI KEMPLANG MENTAH DI JAKABARING). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6312–6318. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28929

Most read articles by the same author(s)