PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEGIATAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA

Authors

  • Yeti Yunitasari SDN Ngiyono Kabupaten Blora
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas PGRI Semarang
  • Rosalina BR Ginting Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28925

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Iklim Sekolah, Kegiatan Kkg

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan kegiatan KKG terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora berjumlah 293 guru yang berasal dari 38  sekolah dasar. Dari jumlah populasi diperoleh sampel sejumlah 169 guru. Uji hipotesis yang dilakukan meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 39,428 + 0,523X1; (2) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 29,773 + 0,702X2. (3) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan kegiatan KKG terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 42,091 + 0,566X3. (4) terdapat pengaruh yang positip dan signifikan supervisi akademik, iklim sekolah dan kegiatan KKG terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 4,216 + 0,214X1 + 0,458X2 + 0,279X3

References

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Depdiknas

Dharma, Surya. 2014. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Ditjen PMPTK

Furnham, Adrian. 2015. Corporate Culture Shock : Surviving Organizational Change. Malaysia: Times Subang

Idris, Ridwan. 2014. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Madrasah. Makassar: Alaudin University Pers

Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka

Kartono, Kartini. 2018. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Kuswana, Dadang. 2015. Metode Penelitian Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia

Mulyasa, E. 2015. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purbasari, Margi. 2015. “Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar”. Journal of Elementary Education. 4(1)

Rohiat. 2018. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung : PT. Refika Aditama

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. 2014. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Saud, Udin Syaefudin. 2015. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukarman, Herry. 2017. Dasar-Dasar Didaktik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tangyong, A. F., dkk. 2015. Buku Panduan Kelompok Kerja Guru. Jakarta : Depdikbud

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Yunitasari, Y. . ., Murniati, N. A. N. ., & Ginting, R. B. . (2024). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEGIATAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6293–6298. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28925