ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 SD

Authors

  • Addely Damayanti Noer Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28676

Keywords:

Membaca, Kesulitan Membaca, Kemampuan Membaca, Faktor Penghambat Membaca, Solusi Kemampuan Membaca.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai macam kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas 4 SDN Kowel 1 Tahun Ajaran 2023/2024, dan faktor penyebab serta solusi alternatif untuk mengatasi kesulitan tersebut. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif pada penelitian ini. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 4 sebanyak lima siswa. Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, kuesioner guru, dan wawancaratidak terstruktur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyebab kesulitan siswa mengalami kesulitan membaca, yaitu (a) kesulitan mengenali dan menyebutkan huruf vokal dan atau konsonan, (b) kesulitan menyebutkan kata tanpa mengeja huruf, dan (c) kesulitan membaca sebuah kalimat tanpa berhenti, (2) Faktor penyebab siswa kesulitan dalam membaca, yakni: (a) kekurangan terhadap memori visualnya, (b) waktu belajar yang sedikit untuk mengasah kemampuan membacanya, (c) keterbiasaan untuk membaca, (d) kurangnya dorongan belajar dari orangtua, (e) kurangnya rasa percaya diri selama membaca, dan (f) kurang tersedianya waktu bimbingan untuk belajar membaca di sekolah, (3) Solusi alternatif dari permasalahan di atas, antara lain (a) mengadakan klinik baca, (b) menggunakan media tambahan yang lebih menarik minat membaca siswa, (c) mengadakan budaya membaca 15 menit di awal pembelajaran.. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.

References

Abdurrahman, M. 201. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, H. 2018. Membaca Yuk “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini”. Jakarta: Guepedia Publisher.

Fahrurrozi. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10 (2), 111-117

Flood, J. & Salus, P.H. 1984. Language and The Language Arts. Englewood Cliffs: Prentice Halls, Inc.

Lamb & Arnold. 1976. Pengaruh Keterampilan Membaca. Pustaka Sinar Harapan.

Prayogo, M.M., Mursita, R.A., & Septiany, G.A. 2015. Panduan Asesmen: Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kobuku.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Noer, A. D. ., & Harsiwi, N. E. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6181–6186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28676