LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN GAWAI BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28478Keywords:
Anak Usia Dini, Penggunaan Gawai, Tahapan Perkembangan.Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi membuat kehidupan anak menjadi terintegrasi dengan teknologi digital seperti gawai. Penggunaan gawai pada anak usia dini dapat memberikan dampak positif dan negatif pada perkembangannya. Tulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana peran dari penggunaan gawai bagi perkembangan anak usia dini, serta bagaimana metode pengukuran yang digunakan untuk mengetahui peran dari penggunaan gawai tersebut. Penelitian dilakukan dengan melakukan kajian literatur deskriptif. Pencarian literatur dilakukan melalui google scholar dengan kata kunci “penggunaan gadget”, penggunaan gawai”, “perkembangan anak usia dini”, “impact of gadget”, “development early childhood”. Berdasarkan jurnal-jurnal yang ditelaah, penggunaan gawai pada anak usia dini akan memberikan dampak yang positif dan negative pada beberapa aspek perkembangannya. Namun, lebih banyak jurnal yang mendapatkan hasil bahwa penggunaan gawai memberikan dampak negatif dikarenakan intensitas penggunaan yang tinggi dan kurangnya dampingan dari orang tua. Di sisi lain, pengukuran terhadap penggunaan gawai dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan observasi.References
Bankdata.KPAI.go.id. (2020). Hasil Survei Pemenuhan Hak Dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Diakses pada 25 Oktober 2022, https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf
Detik.com. (3 Februari 2014). Indonesia Masuk 5 Besar Negara Pengguna Smartphone. Diakses pada 25 Oktober 2022, https://inet.detik.com/consumer/d-2485920/indonesia-masuk-5-besar-negara-pengguna-smartphone
Febrino, F. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. NOURA: Jurnal Kajian Gender, 1(1), 1-21.
Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal Pena Paud, 1(1), 27-39.
Hurlock, E. B. (1993). Child Development, translated by Meitasari Tjandrasa. Surabaya: Erlangga.
Laili, U. (2017). Influence of gadget on social personal of early childhood. In PROCEEDING SURABAYA INTERNATIONAL HEALTH CONFERENCE 2017 (Vol. 1, No. 1).
Munisa, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102-114.
Musdalifa, D. H., Lahmi, A., & Rahmi, R. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Pulau Mainan Dharmasraya. Jurnal Eduscience, 9(2), 350-367.
Wijaya, A. S., & Nugroho, N. (2021). Dampak Gawai terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 103-114.
Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425-5436.
Pangastuti, R. (2017). Fenomena gadget dan perkembangan sosial bagi anak usia dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 165-174.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Purwanti, E. (2020). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53-64.
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.
Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31-39.
Santrock, J. W. (2007). Child Development, eleventh edition. New York: The McGraw- Hill Companies.
Sapardi, V. S. (2018). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80).
Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.
Sowmya, A. S. L., & Manjuvani, E. (2019). Usage of electronic gadgets and language development of preschool children. International Journal of Home Science, 5(2), 420-423.
Sukmawati, B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(1), 51-60.
Sundus, M. (2018). The impact of using gadgets on children. Journal of depression and anxiety, 7(1), 1-3.
Tyastiti, V. H. (2020). The impacts of the use of gadgets on the development of children 3-6 years of age. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 6(1), 34-38
Waluyati, I., Wulandari, W., & Arif, A. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Pada Kelurahan Kumbe Kota Bima. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(2), 30-36.
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di Paud Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29-34.
Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382-392.
Yenny, Y. (2017). Gambaran perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun yang bermain games gadget. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orang tua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Komang Trisya Agustin, Aria Saloka Immanuel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.