PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365

Authors

  • Pebri Ester Jelita Dohare Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28333

Keywords:

Model Pembelajaran, Talking Stick, Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya  Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Metode penelitian One Group Pretest-Posttest Design ini dilakukan terhadap satu kelas tanpa adanya kelas kotrol. Penelitian ini disesuaikan dengan tujuan hendak dicapai, yaitu menguji dalam pembelajaran subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Pengambilan sampel dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan setara yang ada dalam populasi itu. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas V UPTD  SD Negeri 122365 Jalan Ade Irma  yang berjumlah 20  orang. Penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu Pretest dan Posttest, Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dan Posttest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Talking Stick. Berdasarkan Uji-t score digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebelum dan ssesudah dilakukannya pembelajaran dengan kategori yang telah ditentukan maka diperoleh Uji-t score 0,05 dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Talking Stick terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Maka berdasarkan hasil Uji-t  score Ho ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa adanya pengaruh Model Talking Stick yang signifikan terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya  Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma

References

Aprilianti, F., Utami, S., & Kaswari. (2015). Penerapan model Talking Stick terhadap hasil belajar dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa (JPPK), 4, 1–10.

Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar. v2i2.521

Huda Sekolah Dasar Negeri Dengkol, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Al Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia, 3(2), 1–10.

Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa. v5i2.272

Nasroni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika, 9(1), 147–161.

Rofi’ah, N., & Makruf Ahmad. (2020). talkingstick Implementasi Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2271

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Dohare, P. E. J. ., Napitupulu, R. P. ., & Siahaan, T. M. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5708–5716. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28333