PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 1 BONE RAYA

Authors

  • Sri Sintia Kobandaha Universitas Negeri Gorontalo
  • Saleh Al Hamid Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulaecha Ngiu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28159

Keywords:

Peran Guru PPKn, Sikap Nasionalisme, Siswa SMP Negeri 1 Bone Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Bone Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, peran Guru PPKn sebagai "perekayasa pembelajaran" di SMPN 1 Bone Raya telah berjalan dengan baik, dengan indikator keberhasilan mencakup: merancang pembelajaran yang menarik dan relevan, mendorong diskusi tentang konsep nasionalisme, mengintegrasikan kegiatan yang memperkuat rasa kebangsaan, memotivasi siswa untuk mengembangkan sikap positif terhadap negara dan bangsa, serta membentuk kolaborasi antara guru dan siswa. Kedua, sebagai "motivator," guru PPKn menggunakan berbagai pendekatan seperti film dokumenter, cerita inspiratif, dan diskusi relevan, yang membantu siswa merasa lebih terikat dengan nilai-nilai kebangsaan dan lebih termotivasi untuk mencintai negara. Ketiga, sebagai "fasilitator," mereka menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa memahami dan menghargai nilai-nilai nasionalisme melalui materi yang menarik, berbagai sumber daya dan teknologi, serta kegiatan pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan partisipasi aktif. Faktor penghambat peran guru meliputi; Pertama,secara internal ialah keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Kedua, dari sisi eksternal, rendahnya kesadaran siswa tentang pentingnya nasionalisme, dominasi teknologi, dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, terutama orang tua dan keluarga. Untuk meningkatkan peran guru PPKn dalam membangun nasionalisme siswa, perlu peningkatan fasilitas sekolah, pelatihan guru untuk metode pengajaran inovatif, serta kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Penggunaan teknologi yang bijaksana dan peningkatan kesadaran siswa tentang nasionalisme juga diperlukan.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Kobandaha, S. S. ., Al Hamid, S., & Ngiu, Z. (2024). PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 1 BONE RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6413–6424. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28159