IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 GORONTALO UTARA

Authors

  • Rahmawaty Bouti Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun W. Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Sastro M. Wantu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28123

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas XI IPA SMA Negeri 7 Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui pihak SMA Negeri 7 Gorontalo Utara, serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan buku referensi yang relevan dengan rumusan masalah penelitian.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran kontekstual memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Data nilai akhir siswa menunjukkan bahwa seluruh siswa berhasil melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, dengan mayoritas siswa memperoleh nilai diatas 83. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual yang mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa, yang tercermin dalam peningkatan hasil belajar mereka secara keseluruhan. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran kontekstual. Faktor pendukung utama meliputi ketersediaan akses terhadap berbagai sumber pembelajaran, interaksi yang intensif antara guru dan siswa, serta penggunaan beragam media pembelajaran yang sesuai dengan topik pembelajaran. Namun, faktor penghambat utama adalah alokasi waktu yang sering dianggap kurang memadai. Proses pembelajaran kontekstual membutuhkan waktu yang lebih luas untuk diterapkan dengan baik, namun terkadang terganggu oleh batasan waktu dalam jadwal pembelajaran.

References

Alfianti, W. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Nologaten Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Amna Emda, (2017) Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2. 93-196

Hamzah B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Hamruni, H. (2015). Konsep dasar dan implementasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177-187.

Ismail Nurdin, dan Hartati, Sri. (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia

Ki Cahyono Agus.20210. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Diakses pada 13 Februari, 2024 melalui : https://www.kompas.id/baca/opini/2021/06/25/mencerdaskan-kehidupan-bangsa-4

Kustiawan, Dedy. 2016. Analisis Hasil Belajar: Program Perbaikan Dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. II. Jakarta Timur: PT LuXIma Metro Media.

Lubis, E. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMKN 1 BENGKULU SELATAN. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK), 3(1), 305-310.

Moore, Kenneth D. 2014. Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. London: SAGE.

Punaji Setyosari. (2014) MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS./ Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2014.

Santi, T., Wanto, D., & Indrawari, K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sdn 40 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Sakiyem. (2020). Model Pembelajaran Contextual Theacing Learning (CTL). Diakses pada 01 Februari 2024 melalui : https://babel.kemenag.go.id/id/opini/599/MODEL-PEMBELAJARAN-CONTEXTUAL-THEACING-LEARNING-CTLKi

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Revisi cet. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinar. 2018. Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.

Syah, Muhibbin. 2019. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. cet. 23. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, B. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9).

Tri Wahyu Budi utomo. (2018) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA. Academy Of Education Journal. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 1

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa: Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117-124.

Yahya, Y. (2019). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di Madrasah Tsanawiyah Mardiah Islamiyah Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. IAIN Padang sidimpuan.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Bouti, R., W. Wantu, A. ., & M. Wantu, S. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 GORONTALO UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6395–6403. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28123