PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 3 LOTU

Authors

  • Sudiria Harefa Universitas Nias
  • Agnes Renostini Harefa Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28051

Keywords:

Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. (2) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan metode mind mapping. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Lotu. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I rata-ratanya sebesar 56,03% tergolong kurang dan Siklus II sebesar 78,16% tergolong baik. (2) Kualitas pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I sebesar 66,41 tergolong cukup dan Siklus II sebesar 84,50% tergolong baik.  (3) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 3 Lotu pada Siklus I nilai rata-ratanya sebesar 68,25 tergolong cukup, persentase ketuntasan sebesar 62,50%, simpangan bakunya sebesar 9,944 dan Siklus II nilai rata-ratanya sebesar 82,92 tergolong baik, persentase ketuntasan sebesar 87,50%, simpangan bakunya sebesar 8,361.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 581-586.

Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

Astuti, W., & Kristin, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 155-162.

Firdaus, z. (2018). Pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa smp negeri 8 kota tasikmalaya (penelitian survei terhadap siswa kelas viii tahun pelajaran 2017/2018 di smp negeri 8 kota tasikmalaya) (doctoral dissertation, universitas siliwangi).

Haifatudzikroh, S. (2019, October). Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 455-464).

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hartaji, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Pandaan.

Hasanah, u., & mariyani, m. (2023). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada pelajaran ppkn di smpn 1 belitang madang raya (doctoral dissertation, sriwijaya university).

Hendawati, Y., Putri, S. U., Pratomo, S., & Widianingsih, F. (2018). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2).

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui stem dalam pembelajaran ipa increasing student creativity through stem in science learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 4(1), 89-98.

Husni, M. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) Dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. AL-IBRAH, 3(1), 110-126.).

Igasukma, R. A. (2019). Evaluasi kualitas dan output pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Brawijaya Smart School Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Karim, A. (2018). Efektivitas penggunaan metode mind map pada pelatihan pengembangan penguasaan materi pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Lestari, T. P. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1), 37-42.

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.

Makkawaru, Maspa. "Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan." Jurnal Konsepsi 8.3 (2019): 116-119.

Novika, a. (2022). Pengaruh model flipped classroom terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran matematika dikelas iv min 9 bandar lampung (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Phanata, S., TCSOL, M., & Suci, I. R. (2022). Efektivitas metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa Mandarin bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(2), 130-137.

Pertiwi, F. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman:(Creative Thinking Skills Class X Students for the 2021/2022 Academic Year at SMAN 1 Pariaman). BIODIK, 8(2), 112-117.

Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Sari, R. A., & Murdiono, M. (2019). Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif. E-civics, 8(4), 384-391.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan model pembelajaran team game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78-87.

Supriatna, E., & Herniawati, H. (2021). Analisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Ra. Al-Hikmah Cibeureum. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(2), 32-42.

Taman, M. B. (2022). Implementasi Metode Mind Mapping dalam melatih daya ingat siswa mata pelajaran fikih kelas vii di SMP plus Raudlatul muqorrobin kalisat jember (Doctoral dissertation, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER).

Vikria Namania, G. (2019). Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan group investigation dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran ekonomi (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Pelajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425-436.

Zuhriyah, B. F. I. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di MI Syamsul Huda Kayen Kidul (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Downloads

Published

2024-05-19

How to Cite

Sudiria Harefa, Agnes Renostini Harefa, Hardikupatu Gulo, & Novelina Andriani Zega. (2024). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 3 LOTU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6020–6028. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28051