LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEM-BANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Afina Lathifah Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudiyanto Rudiyanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Leli Kurniawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27945

Keywords:

Strategi Kepala Sekolah, Keterampilan Abad 21, Guru Taman Kanak-Kanak

Abstract

Jurnal ini menyelidiki inisiatif strategis yang dilakukan oleh kepala taman kanak-kanak untuk menumbuhkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan yang digariskan dalam Kurikulum Merdeka dan dalam membina keterampilan abad 21 di kalangan siswanya. Menyadari semakin pentingnya keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan anak usia dini, penelitian ini menggali peran penting kepala sekolah dalam membimbing guru menuju penerapan kurikulum yang efektif. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif seperti wawancara dan analisis dokumen, penelitian ini mengungkap spektrum strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah. Hal ini mencakup sesi pengembangan profesional terstruktur, program pendampingan yang dipersonalisasi, upaya perencanaan kolaboratif, dan pembentukan lingkungan sekolah yang mendukung. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kepercayaan diri dan kemahiran guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka diperkuat, sehingga mereka dapat dengan mahir mengembangkan keterampilan penting abad ke-21 pada generasi muda mereka. Implikasi dari temuan ini sangat luas, memberikan wawasan tentang praktik kepemimpinan taman kanak-kanak yang efektif. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi para praktisi yang ingin meningkatkan implementasi kurikulum dan memajukan pengembangan keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan anak usia dini. Dengan mengungkap manuver strategis kepala taman kanak-kanak, penelitian ini memberikan peta jalan bagi para pendidik yang bertujuan untuk mengoptimalkan pendekatan pedagogi mereka dan mendorong perkembangan holistik pada siswanya.

References

Abdollah. (2020). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: UNJ Press.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Ayu, P.E.S. (2019). “Keterampilan Belajar dan Inovasi Abad 21 pada Era Revolusi Industri.” Jurnal Purwadita. Volume 3, Nomor 1. Halaman 77-83.

Danim, Sudarwan dan Suparno. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Della, Ainia Khoirul. (2020). ”Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter”. Jurnal Filsafat Indonesia, Volume 3, Nomor 3. Halaman 32-41.

Endriana, Y., Arifin, Z., & Handayani, S. R. (2014). “Pengaruh Knowledge Management dan Strategic Partner Human Resources Terhadap Perencanaan Strategik dan Kinerja Organisasi. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 8, Nomor 2. Halaman. 1–8.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah.” Jurnal Basicedu. Volume 5, Nomor 4. Halaman 2247–2255.

Haryono, Cosmas Gatot. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Sukabumi: Penerbit Jejak.

Iskandar, U. (2014). “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Volume 10, Nomor 1. Halaman 121-130.

Kemendikbud. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulida. (2021). Manajemen Strategik. Bandung: Media Sains Indonesia.

Mukminin, Amirul. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, R. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu, Volume 6, Nomor 4. Halaman 65-73.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Fauziyah, A. L., Rudiyanto, R., & Kurniawati, L. (2024). LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEM-BANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7142–7148. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27945