CHALLENGES FACED BY STUDENTS IN ENHANCING THEIR QURAN READING SKILLS

Authors

  • Yulia Elma Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam
  • Heriyah Oktaviani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27941

Keywords:

Kemampuan Membaca Al-Quran, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran serta memahami kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam memperbaiki kemampuan tersebut di SMP Negeri 1 Kota Pagar Alam. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (Field Research). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagian besar peserta didik telah mengenal keutamaan membaca Al-Quran, namun pengetahuan tersebut masih perlu diperkaya lagi. Selain itu, adab dalam membaca Al-Quran umumnya telah diketahui oleh peserta didik, tetapi informasi yang dimiliki masih belum lengkap dan memerlukan penambahan. Dalam aspek ilmu tajwid, pengetahuan teoretis peserta didik berada pada kategori cukup, tetapi masih harus ditingkatkan, terutama pengetahuan mengenai hukum mad, idgham, ikhfa, dan lainnya.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Afandi, M., Chamalah, & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Annuri, A. (2021). Panduan tahsin Tilawah Al-Qur'an & Ilmu Tajwid. Jakarta Timur: PUSTAKA AL-KAUTSAR.

Ashari, S. (2023). Buku Ajar Ilmu Tajwid untuk perguruan Tinggi Ilmu tajwid Komprehensif . Indramayu: CV. Adanu Abimata.

B. Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hermawan, D. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Lumajang: Klik Media.

Jannah, M. (2022). Problematika Siswa Dalam Membaca Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMPN KOTO SINGKARAK. Batusangkar: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) .

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Harfa Creative.

Nasution, W. N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Medan: PERDANA PUBLISHING.

Nur'aini. (2020). Metode Pengajaran Al-Qur'an Dan Seni Baca Al-Qur'an Dengan Ilmu Tajwid. Semarang: CV.Pilar Nusantara.

Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Makassar: Aksara Timur.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subhi, I., Kariyanto, H., & Rahman. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan PTK (Teori dan Praktik). Palembang: NoerFikri.

Umar, Z. (2020). Panduan Ilmu Tajwid Praktis. Riau: UIR Press.

Yasir, M. (2016). Studi Al-Qur'an. Pekanbaru: CV. Asa Riau.

Zaini, M. (2020). Manajemen Kurikulum Terintegrasi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

THESIS :

Erliyanti, Yenny Yunian Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di Kelas MI Ma’aruf Singosaren Ponorogo ( Ponorogo, skripsi, 2019).

Jannah Miftahul, Problematika Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata pelajaran PAI Dan Budi Pekerti DI SMP N 1 X Koto Singkarak”. (Bengkulu, skripsi, 2022)

Pranti Sari , Problematika Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu,(Bengkulu, skripsi, 2021)

Sari Mirna, Problematika pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon ( Ambon, skripsi 2020 )

Syafi’i Irfan Kholiq, Problematika pembelajaran Membaca Al-Qur’an hadits dan Cara Mengatasinya di MI Darun Najah Srobyong Jepara (Jepara, skripsi, 2021/2022

JOURNAL :

Antaranews.com. (2023). Kemampuan baca tulis Al-Qur’an masyarakat Indonesia tinggi pada 2023.

Fizah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa melalui Metode Drill. ALBAHRU, 2(1).

Kbbi.web.id. Kamus Besar Bahas Indonesia online

Scribd.com,( 2021 ). Pengertian Problematika

Silabus.web.id, (2022) , Pengerttian peserta didik menurut para ahli

Wikipedia.com, ( 2023), Peserta didik

Suharyat, Yayat. "Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia." Jurnal region 1.3 (2009): 1-19.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Sari, Y. E. ., & Oktaviani, H. . (2024). CHALLENGES FACED BY STUDENTS IN ENHANCING THEIR QURAN READING SKILLS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6721–6727. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27941