PENGARUH KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DALAM JARINGAN (SIDARING) TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Authors

  • Novi Oktaviani Universitas Negeri Padang
  • Gustina Erlianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27913

Keywords:

Kualitas layanan; Sidaring; Kepuasan Pemustaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas layanan sidaring terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang dan seberapa besar pengaruh kualitas sidaring terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan sidaring tahun 2023 sebanyak 519 pengguna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian dengan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini banyak 84 pengguna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama yaitu kualitas layanan sidaring memiliki nilai rata-rata total yaitu sebesar 3,33 yang termasuk kategori sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas layanan sidaring di Perpustakaan Universitas Negeri Padang sudah sangat baik kepada pemustaka. Kedua yaitu kepuasan pemustaka memiliki rata-rata total yaitu sebesar 3,30 yang termasuk kategori sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan sidaring di Perpustakaan Universitas Negeri Padang sudah sangat memuaskan bagi pemustaka. Ketiga yaitu terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan sidaring terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Univeritas Negeri Padang. Keempat yaitu kualitas layanan sidaring berpengaruh sebesar 57,4% terhadap  kepuasan pemustaka di Perpustakaan Univeritas Negeri Padang dan sisanya 42.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Achmad. (2012). Layanan Cinta Perwujudan Layanan Prima Perpustakaan. Jakarta: CV Sagung Seto.

Adri, R. P., Nursyirwan, N., & Arif, E. (2023). Analisis Komunikasi Bermedia Internet Dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Prima Perpustakaan Di Universitas Negeri Padang (Studi terhadap Pemanfaatan Layanan Sidaring pada Perpustakaan UNP). Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 8(2), 82-92.

Ardoni, A. (2021). Sidaring: E-Commerce Nirlaba Bahan Perpustakaan. Al-Ma'arif: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 1(1), 13-25.

Arrahman, H. A. (2022). Pengaruh Kualitas layanan E-resources Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Cristianti, D. (2021). Pemanfaatan Layanan Daring Pada Perpustakaan Selama Masa Pandemi Covid19 Studi Kuantitatif Evaluatif terhadap Program Layanan Sidaring pada Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fatmawati, E. (2013). Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Servqual ke Libqual. Jakarta: Sagung Seto.

Lasa Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. and Berry, L. (1988). Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Qalyubi, Syihabuddin. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Rahayu, L. (2015). Materi Pokok Layanan Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan Usu. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 1(1).

Septiyantono, T. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jogjakarta : IAIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Yulianti, S. (2021). Implementasi Model Layanan Sidaring (Sirkulasi Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Maktabatuna, 3(2), 233-243.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Oktaviani, N. ., & Erlianti , . G. . (2024). PENGARUH KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DALAM JARINGAN (SIDARING) TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5282–5291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27913