PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL: BAHASA SIMALUNGUN DI UPTD SDN 122401 KOTA PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27912Keywords:
Ice Breaking, Motivasi Belajar, Muatan Lokal, BahasaAbstract
Melalui studi pendahuluan tingkat motivasi siswa terhadap mata pelajaran muatan lokal Simalungun ditemukan gambaran bahwa tingkat motivasi belajar siswa terhadap Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Simalungun) tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh ice breaking terhadap tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal (Bahasa Simalungun) di UPTD SDN 122401 kota Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian “one group pretest posttes design” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang duduk dikelas 4 UPTD SDN 122401 Pematang Siantar yang berjumlah 33 orang Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Prosedur penelitian mulai dari Persiapan, Pre-test, Treatment, Post-test, Analisis data, Interpretasi hasil. Berdasarkan uji homogenitas yang telah dilakukan diketahui nilai signifikansi(Sig.) Based on Mean adalah sebesar 0,07 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data pretest dan posttest adalah homogen. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t diperoleh nilai signifikansi p(sig(2-tailed) adalah 0,000 karena p < 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal bahasa simalungun.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulva Maryani Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.