ANALISIS STRUKTUR DAN MAKNA LAGU BORU PANGGOARAN KARYA TAGOR TAMPUBOLON

Authors

  • Rendi Leo Ridhoi Gultom Universitas HKBP Nommensen
  • Kamaluddin Galingging Universitas HKBP Nommensen
  • Junita Batubara Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27731

Keywords:

Boru Panggoaran, Tagor Tampubolon, Analisis Struktur Dan Makna

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Struktur dan Makna Lagu Boru Panggoaran karya Tagor Tampubolon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Kualitatif deskriptif. Lagu Boru Panggoaran ini dibawakan oleh Viktor Hutabarat dan dirilis pada tahun 2016. Lagu Boru Panggoaran merupakan sebuah lagu Batak yang paling inspirasional dan paling memotivasi untuk mengangkat harkat dan martabat orang tua yang tidak memiliki anak laki-laki, agar menerima apapun yang diberikan oleh Tuhan baik itu laki-laki maupun perempuan sama saja. Lagu Boru Panggoaran ini diciptakan untuk menyadarkan seluruh suku Batak bahwa perempuan juga bisa membanggakan dan mengangkat martabat orang tua. Perempuan adalah sosok yang pemerhati di dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai kekuatan orang tua di saat ia tua dan lemah. Perempuan juga bisa membanggakan dan mengangkat martabat orang tua. Lagu tersebut dibawakan dengan gaya Pop Balada agar menarik anak muda untuk mendengarkan dan juga mengerti akan makna yang ada pada lagu tersebut. Hasil penelitian struktur dan makna lagu Boru Panggoaran karya Tagor Tampubolon memiliki kalimat musik pertama (A), dan kalimat musik kedua (B). Lagu Boru Panggoaran dibawakan dengan instrument keyboard dengan metrom 4/4 dengan tempo andante.

References

Armianti, Diajeng Ninda. 2019. Klasifikasi Emosi Lagu Berdasarkan Lirik pada Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor dengan Pembobotan WIDF., Vol. 3, No. 10. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Erani, E. 2018.Representasi Emansipasi Wanita Pada Lagu Boru Panggoaran. Skripsi Sarjana. Riau: Program Studi Seni Musik, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Islam Riau.

Erowati, dan Mualim. 2015. Perbandingan Gaya Bahasa Pada Puisi “Ibu” Karya Mustofa Bisti Dengan Lirik Lagu “Keramat” Karya Rhoma Irama. Skripsi Sarjana. Jakarta: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah.

Gultom, Anju Mora. 2022. Analisis Struktur Dan Bentuk Musik Spirit Of Tulila Karya Hardoni Sitohang. Skripsi Sarjana. Medan: Program Studi Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas HKBP Nommensen.

Hidayat, Rahmat. 2014. Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu Laskar Pelang karya Nidji. eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 1, 2014:243-258. Universitas Mulawarman.

Mack, Diater. 2020. Musik Kontemporer & Persoalan Interkultural, Yogyakarta: Art Line

Malm, William P. 1977. Musik Cultures of the Pasific, Near East and Asia (Dialih bahasakan oleh Muhammad Takari). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Marbun, Fino dan Batubara, Junita.2021.Kajian Musik Dan Makna Lagu Siksik Sibatu Manikkam Dicover Oleh Grup Jamrud. Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 23, No. 2. Jurnal Ilmu pengetahuan dan karya seni. Padang Panjang: Institut Seni Indonesia.

Prier, Karl-Edmund Sj. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Ryan Hidayahtullah, dan Hasyikam. 2016. Dasar-Dasar Musik. Yogyakarta: Art Line

Sarumaha, Andy Septunus. 2019. Penyajian Dan Struktur Lagu Maena Rohani Dalam Pesta Hari Hari Besar Gerejawi BNKP Teladan Medan.Skipsi Sarjana. Medan: Program Studi Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas HKBP Nommensen.

Sektian, Jazzy Adam Sila. 2016. Analisis Bentuk Dan Struktur Lagu Jeux D’eau Karya Maurice Ravel. Skripsi Sarjana. Yogyakarta: Program Studi Seni Musik. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sianturi, Salomo. 2019. Analisis Teknik Permainan Dan Pola Ritme Mengmung Pada Masyarakat Batak Toba Di Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Skripsi Sarjana. Medan : Program Studi Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Sumatera Utara.

Simbolon, Lawrence Da Varga. 2019. Kajian Makna Tekstual Lagu Popular Batak Toba Dengan Pesan Orang Tua Kepada Anak. Skripsi Sarjana. Medan : Program Studi Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Sumatera Utara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Susanti, Endah. 2018. Analisis Bentuk Lagu Ba Bilang Aghi Versi Rubaiyani di Desa Pulau Tinggi, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Thesis, Universitas Islam Riau.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Gultom, R. L. R. ., Galingging, K. ., & Batubara, J. . (2024). ANALISIS STRUKTUR DAN MAKNA LAGU BORU PANGGOARAN KARYA TAGOR TAMPUBOLON. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5180–5187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27731