PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 2 SMA DI BANJARMASIN

Authors

  • Memy Wardani Elthia Universitas Bumigora
  • Vebrianti Umar STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin
  • Abdul Aziz STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin
  • Herry Wahyudi Susanto Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27725

Keywords:

Flashcard, Kosa-Kata

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris seseorangan dapat dilihat dari seberapa banyak kosakata yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi setiap orang terutama untuk para siswa terkhusus dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Sehingga salah satu upaya kreatif yaitu dengan  menggunakan media flash cards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flashcard mempengaruhi pengetahuan kosakata peserta didik pada tingkat SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI dan subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 siswa       dengan eksperimental group dari kelas "A" dan 16 siswa dengan kontrol group dari kelas "B".  Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa menjadi sangat antusias belajar kosa kata. Dengan menggunakan flash cards maka dapat memungkinkan siswa belajar sambil bermain sehingga ini dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar kosakata. Disamping itu juga  penggunakan flash cards sebagai media pembelajaran dapat menjadikan siswa lebih berani dan percaya diri untuk tampil dihadapan orang lain didepan kelas.

References

Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran & Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.

Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. 2018. Research methods for the behavioral sciences (Sixth Edit). Cengage Learning, Inc.

Joklova, K. 2009. Using Pictures In Teaching Vocabulary. Bachelor’s thesis. Masaryk University Faculty Of Education. Departement Of English Languange And Literature.

Nugroho, Y.S., Nurkamto, J., & Sulistyowati, H. 2012. Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards. English Education Journal.

Palupi, Dyah, Djaelani and Haryono. 2014. Mengembangkan Kemampuan Membaca Dengan Media Flash Card Pada Anak Di TK A 03 Suruh Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Schmitt, N. 1997. Vocabulary Description, Acguisition & Pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.

Shadish, Cook & Campbell. 2002. Experimental & Quasi Experimental Design for Generalized Causal Inference. USA: Houghton Mifflin Company.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & R&D). Alfabeta CV.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Elthia, M. W. ., Umar, V. ., Aziz, A. ., & Susanto, H. W. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD TERHADAP PENGETAHUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 2 SMA DI BANJARMASIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5175–5179. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27725