PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dina Mayadiana Suwarma Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.27720

Keywords:

Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait yang berkaitan dengan MPBM dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan MPBM secara konsisten meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di berbagai tingkatan pendidikan, termasuk di tingkat Sekolah Dasar. Metode ini memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, memperkuat pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir kritis mereka. Namun, tantangan dalam implementasi MPBM juga diidentifikasi, termasuk kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang masalah yang menantang dan kurangnya sumber daya yang memadai. Oleh karena itu, rekomendasi diberikan untuk meningkatkan pelatihan guru, pengembangan sumber belajar yang berkualitas, dan dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak terkait.

References

Al Hidayat, R. (2023). Analisis Ketercapaian Program Indonesia Pintar Dalam Memeberikan Bantuan Kepada Pelajar Di SD Negeri 24 Kelurahan Panorama Kota Bengkulu. Jurnal STIA Bengkulu: Committe to Administration for Education Quality, 9(1), 59–66.

Al Hidayat, R., Putra, M. B. E., & Pradipta, R. C. (2024). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA TAMAN WISATA QWEEN. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1), 59–70.

Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355.

Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2024). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 2(5), 1269–1277.

Ellyana, A. C., & Tegeh, I. M. (2023). Problem-Based Learning-Based Learning Videos on Natural Science Content for Grade Five Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(2).

Fika, R. (2020). The effectiveness of Jigsaw and STAD (student teams achievement division) cooperative learning model on pharmaceutical mathematics. Journal of Advanced Pharmacy Education & Research| Apr-Jun, 10(2).

Lidyawati, Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkanhasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 140–146. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/16552

Marzuki, M. (2024). PENGARUH MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 343–356.

Marzuki, M., Patemah, P., & Parta, I. B. M. W. (2024). STRATEGY FOR DEVELOPING SOFT SKILLS IN GENERATION Z USING EDUCATIONAL TECHNOLOGY. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(3), 179–186.

Marzuki, M., Zakaria, N., & Masruri, M. (2024). INVESTIGATING THE CAPABILITIES OF ADAPTIVE LEARNING AS A CUTTING-EDGE APPROACH TO MODEL DEVELOPMENT IN AN EDUCATIONAL SETTING. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(3), 195–206.

Nugroho, D. A., Rahman, A., Marzuki, M., Afriani, R., & Aniati, A. (2024). EDUCATIONAL INNOVATIONS FOR GENDER EQUALITY: USES OF TECHNOLOGY AND NEW APPROXES. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 487–494.

Robiah, R., Telaumbanua, E., Marzuki, M., Zulkipli, Z., & Dwiputra, F. K. (2024). THE ROLE OF COLLABORATIVE LEADERSHIP IN IMPROVING THE QUALITY OF HIGHER EDUCATION. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 538–548.

Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., & Syam, D. R. Y. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 166–180.

Suari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sugiarso, B. A., Narasiang, B. S., Pranajaya, S. A., Gunawan, T., Fayola, A. D., Marzuki, M., & Arifianto, T. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4999–5004.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Sukmawati, W. S., Bahari, B., Degawan, R. H., Zakaria, N., & Marzuki, M. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DI ERA MULTIKULTURALISME. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 2(2), 250–258.

Suryadi, Y., & Al-Shreifeen, I. A. (2024). ISLAMIC EDUCATION LEADERSHIP: STUDY ON MADRASAH MANAGEMENT IN INDONESIA. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 25–38.

Tanjung, I. I., Al Hidayat, R., Karyadi, S., Saksono, L., & Sumirat, O. (2024). Analysis Of The Influence Of Minimum Wages, Central-Regional Transfer Cost Allocation And Fiscal Decentralization On Regional Income Inequality. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 32–38.

Ulimaz, A., Salim, B. S., Yuniwati, I., Marzuki, M., Syamsuddin, A., & Tumpu, A. B. (2024). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1962–1976.

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). KINERJA DOSEN DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA ‘MMTC’YOGYAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Wijnen, M., Loyens, S. M. M., Smeets, G., Kroeze, M., & Molen, H. van der. (2017). Comparing problem-based learning students to students in a lecture-based curriculum: learning strategies and the relation with self-study time. European Journal of Psychology of Education, 32(3), 431–447. https://link.springer.com/article/10.1007/s10212-016-0296-7

Yusnita, Y., Ditasman, D., Putra, M. B. E., Al Hidayat, R., & Novrianda, H. (2024). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah Tentang Manajemen Pembuangan Sampah Yang Baik. Jurnal Semarak Mengabdi, 3(1), 1–6.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Suwarma, D. M. . (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4356–4361. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.27720

Most read articles by the same author(s)