FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KOMPETENSI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27630Keywords:
Fungsi, Perencanaan Pembelajaran, Peningkatan Kompetensi GuruAbstract
Peningkatan kompetensi guru adalah cara yang sistematis untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi pembelajaran. Guru memiliki peran sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar, yang membantu siswa dalam mempelajari segala sesuatu. Dengan perencanaan pembelajaran, guru dapat lebih mudah dalam menetapkan tujuan pembelajaran dan bagaimana cara mencapainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi perencanaan pembelajaran dalam mendukung peningkatan kompetensi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, studi kepustakaan (library research). Data diperoleh dengan teknik pengumpulan artikel jurnal yang relevan yang kemudian dianalisis menyesuaikan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, karena perencanaan pembelajaran dapat menjadi acuan bagi seorang guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Perencanaan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat mendukung dalam peningkatan dan berkembangnya kompetensi guru. Guru lebih siap dan profesional dalam pelaksanaan pembelajaran karena memiliki pedoman dan perencanaan yang jelas.Downloads
Published
2024-06-11
How to Cite
Nadlir, N., Maghfiroh, L. ., & Chusniyatin, V. M. . (2024). FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KOMPETENSI GURU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7046–7052. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27630
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nadlir Nadlir, Laily Maghfiroh, Vira Maulidafi Chusniyatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.