PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEANGGOTAAN GAPEKSINDO KOTA JAYAPURA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL

Authors

  • Heru Sutejo Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Rosiyati MH. Thamrin Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Fenny Girik Alo Universitas Sepuluh Nopember Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27548

Keywords:

Sistem Informasi, Gapeksindo, Waterfall

Abstract

Gapeksindo adalah wadah organisasi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontruksi dan bidang tata lingkungan. Proses pendataan keanggotaan Gapeksindo saat ini dilakukan dengan mendaftarkan perusahaan-perusahaan tersebut ke Gapeksindo. Dikarenakan dengan terus berkembang dan berdirinya perusahaan-perusahaan yang baru, terutama di kota jayapura terlebih di provinsi Papua mencapai 5% per tahun. Maka dengan proses pendaataan yang dilakukan sebelumnya tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut, seperti jumlah berkas formulir yang terus bartambah yang dapat mengakibatkan kehilangan data-data perusahaan, selain itu proses pendataan melalui aplikasi spredsheet tidak lagi efektif dikarenakan besar kemungkinan file diduplikasi dengan jumlah data yang berbeda-beda. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall, meliputi; analisis kebutuhan, desain, pengodean serta pengujian dengan hasil akhir berupa implementasi sistem. Sedangkan pada rancangan sistem ini menggunakan model terstruktur dengan diagram konteks, diagram overview, dan ERD. Untuk hasil uji sistem menggunakan metode blackbox. Tujuan penelitian ini yaitu membangun sistem informasi keanggotaan Gapeksindo Kota Jayapura berbasis Web menggunakan model waterfall. Diharapkan aplikasi ini nantinya dapat di implementasikan dan memberikan kemudahan bagi perusahaan-perusahaan dalam kepengurusan keanggotaan pada Gapeksindo secara online.

References

Maharani, A.K.A., 2014. Analisis dan Evaluasi kinerja Sistem Informasi Registrasi Kartu Tanda Anggota (KTA) pada BPD GAPENSI Jawa Tengah. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Khurotin, A., 2017. LKP: Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring History Berkas Di BPD Gapensi Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Alfiah, K.N., Perdana, S.A.P. and Sutejo, H., 2022, August. Penggunaan Model Waterfall Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepagawain LPP RRI Jayapura. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 11, No. 1, pp. 398-407).

Sutejo, H., 2023. Rancang Bangun Sistem Informasi Buku Induk Siswa Berbasis Web di LK Yayasan Sentra Anugerah Mandiri. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(10), pp.650-655.

Hasbi, H. and Tahir, M.A., 2024. Sistem Informasi Pendaftaran Sertifikat Badan Usaha Pada Asosiasi GAPEKSINDO Provinsi Sulawesi Selatan Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik In

Jailani, M.S., 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), pp.1-9.

Badrul, M., 2021. Penerapan Metode Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), pp.57-52.

Wakila, Y.F., 2021. Konsep dan fungsi manajemen pendidikan. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(1), pp.43-56.

Prasetyawan, P., Samsugi, S. and Prabowo, R., 2021. Internet of Thing Menggunakan Firebase dan Nodemcu untuk Helm Pintar. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), pp.32-39.

Satria, D., 2022. Implementasi User Centered Requirements Engineering dalam Pencarian Kebutuhan Sistem eLearning. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), pp.437-445.

Fhonna, R.P. and Marzuki, A.R., 2020. Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Biro Kominfo Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(1.1), pp.333-340.

Tofir, S., Leppang, I. and Hamzah, M.A., 2020. Perancangan Sistem Informasi Pada Dinas Pendidikan Kota Palopo Berbasis Web. ., 1(6), pp.762-772.

Neuper, C., Wörtz, M. and Pfurtscheller, G., 2006. ERD/ERS patterns reflecting sensorimotor activation and deactivation. Progress in brain research, 159, pp.211-222.

Fahrezi, A., Salam, F.N., Ibrahim, G.M., Syaiful, R.R. and Saifudin, A., 2022. Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Inventori Barang Berbasis Web di PT. AINO Indonesia. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, 1(1), pp.1-5.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sutejo, H. ., Thamrin, R. M. ., & Alo, F. G. . (2024). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEANGGOTAAN GAPEKSINDO KOTA JAYAPURA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4989–4998. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27548