INTEGRASI KESADARAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN DI ORIENTASI MAHASISWA STKIP PASUNDAN CIMAHI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK

Authors

  • Aprillo Poppy Belladonna Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Yayuk Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Neneng Tripuspita Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27541

Keywords:

Holistik, Kehidupan Kampus, Kesadaran Hukum, Mahasiswa Baru, Pendidikan Kewarganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengintegrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumentasi, Analisis data menggunakan Triangulasi tekhnik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengintegrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam orientasi mahasiswa baru memberikan dampak positif yaitu menambah pemahaman mahasiswa tentang hak dan kewajiban , etika dan konteks hukum. Selain itu, ditemukan juga jika melakui orientasi kehidupan kampus menjadi upaya dalam menyiapkan mahasiswa secara akademik tetapi juga secara sosial dan moral. Integrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam orientasi mahasiswa baru menjadi model yang dapat menjadi refrensi bagi lebaga pendiidkan lainnya dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang siap dengan tantangan kehidupan kampus yang kompleks. Penelitian lebih lanjut tentang kesadaran hukum dalam kegiatan orientasi kehidupan kampus di sarankan dalam penelitian ini.

References

Abdin, M. J. (2008). Rights & Duties of Citizens. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1116902

Barranti, M., Carlson, E. N., & Furr, R. M. (2016). Disagreement About Moral Character Is Linked to Interpersonal Costs. Social Psychological and Personality Science, 7(8), 806–817. https://doi.org/10.1177/1948550616662127

Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Belladonna, P. A. (2021). MODEL PENDIDIKAN HUKUM DALAM PENGUATAN KESADARAN HUKUM. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Cholisin. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran PKn. Yogyakarta : UNY Press.

Clark, C. H. (2021). Civic education’s relationship to affective partisan divides later in life. Education, Citizenship and Social Justice, 18(1), 37–58. https://doi.org/10.1177/17461979211041332

Clark, S., & Wallace, R. (2018). The integrity problem in higher education: description, consequences, and recommendations.

Copp, D. (2016). Moral education versus indoctrination. Theory and Research in Education, 14(2), 149–167. https://doi.org/10.1177/1477878516656563

Faulk, D. (2022). Black Campus Life: The Worlds Black Students Make at a Historically White Institution. Sociology of Race and Ethnicity.

Fives, A. (2013). Non-coercive promotion of values in civic education for democracy. Philosophy & Social Criticism, 39(6), 577–590. https://doi.org/10.1177/0191453713485723

George, M. I. (2017). What Moral Character is and is Not. The Linacre Quarterly, 84(3), 261–274. https://doi.org/10.1080/00243639.2017.1338442

Gordon, J., Levine, R., Mazure, C., Rubin, P., Schaller, B., & Young, J. (2011). Social Contexts Influence Ethical Considerations of Research. The American journal of bioethics?: AJOB, 11, 24–30. https://doi.org/10.1080/15265161.2011.560338

Heron, M., & Belford, P. (2014). Ethics in Context: A Scandal in Academia. SIGCAS Comput. Soc., 44, 20–51. https://doi.org/10.1145/2656870.2656875

Hidayah, Y., Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Adha, M. M., & Ulfah, R. A. (2021). #Gejayan memanggil Sebagai Komunikasi Sosial Gerakan Mahasiswa. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1744

Idris, F., Mustafa Din, W., Hamzah, M., Manap, J., Munusamy, R., Abdul Rani, A., & Airwan, N. (2022). Factors Contributing To University Students’ Integrity. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i12/15072

Indonesia, C. (2022). Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/market/20220307142753-17-320635/quotex-ilegal-begini-modus-doni-salmanan-menjerat-korban

Kaltim, K. (2021). Retrieved from https://kaltim.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/3685-penguatan-kesadaran-hukum-bagi-generasi-muda-sofyan-mahasiswa-adalah-bibit-masa-depan-bangsa

Leighton, R. (2023). Radical citizenship education. Education, Citizenship and Social Justice.

Levine, P. (2023). Politics by Other Means: Civic Education in a Time of Controversy. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 705(1), 24–38. https://doi.org/10.1177/00027162231189037

Meindl, P., Quirk, A., & Graham, J. (2017). Best Practices for School-Based Moral Education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 5(1), 3–10. https://doi.org/10.1177/2372732217747087

NG, C. (2020). Education Is Power. Hispanic Health Care International.

pusiknas.polri.go.id. (2021). Waspada, Makin Banyak Mahasiswa dan Pelajar Terjerat Kasus Narkoba. Retrieved from https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/waspada,_makin_banyak_mahasiswa_dan_pelajar_terjerat_kasus_narkoba

Ray, P. (2019). Campus Life: In Search of Community (Expanded Edition). International Journal of Christianity & Education, 24(2), 241–242. https://doi.org/10.1177/2056997119888147

Ray, P. (2020). Campus Life: In Search of Community (Expanded Edition). International Journal of Christianity & Education.

Seng Lim, K. E., & Lattimore, K. C. (2012). Campus Life for International Students: Exploring Students’ Perceptions of Quality Learning Environment at a Private University. Higher Education Studies.

Setyawan, H. (2018). Kesadaran hukum mahasiswa terhadap aturan tentang area kawasan tanpa rokok (Studi di Kampus Universitas Negeri Surabaya). Image result for logo unesa png.

Smith, R. M. (2014). National Obligations and Noncitizens: Special Rights, Human Rights, and Immigration*. Politics & Society, 42(3), 381–398. https://doi.org/10.1177/0032329214543260

Soares, A. A., et al (2023). A Study of Legal Education Systems in Russia, India and Brazil: Issues and Suggestions for Global Education. Asian Journal of Legal Education, 10(1), 63-73. https://doi.org/10.1177/23220058221105255

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Ulfah , N., Safudin , E., & Hidayah, Y. (2021). Construction of Legal Education in College Education through Pancasila Education. Lambung Mangkurat Law Journa.

Ulfah , N., Safudin , E., & Hidayah, Y. (2023). Kajian Tentang Konsep Pendidikan Hukum Bagi Generasi Muda di Indonesia. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum.

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Belladonna, A. P. ., Hidayah, Y. ., & Tripuspita, N. . (2024). INTEGRASI KESADARAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN DI ORIENTASI MAHASISWA STKIP PASUNDAN CIMAHI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4980–4988. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27541