DEVELOPING ANIMATED DUBBING VIDEOS TO TEACH SPEAKING FOR UNIVERSITY STUDENT

Authors

  • Ani Masruroh University Ma’arif Of Lampung
  • Dian Anggraini University Ma’arif Of Lampung
  • Mai Zuniati University Ma’arif Of Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27498

Keywords:

Bahasa Inggris, Animasi Dubbing, Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris melalui dubbing animasi video di semester 2 Universitas Ma’arif Lampung yang terdiri dari 15 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan Interview dan Angket. Pengembangan animasi dubbing video menggunakan metode research and development (R&D). Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah ADDIE atau yang dikenal dengan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengembangan produk awal didasarkan pada analisis kebutuhan dan kemudian divalidasi oleh Dua ahli, yaitu ahli material dan ahli media. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk multimedia untuk animasi dubbing video dalam pembelajaran berbicara Bahasa inggris, Hasil keseluruhan validasi menunjukkan hasil yang baik, yaitu memperoleh kategori sangat baik dengan detail: ahli materi mendapat skor 96,5%, ahli media mendapat skor 88,25%. Dari data yang sudah di analisis dapat disimpulkan bahwa metode animasi dubbing video dapat membantu mahasiswa dalam penguasaan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

References

Ilyas, Muhammad, and Yulianto Yulianto. "Pengaruh penggunaan task based learning dalam pembelajaran speaking." Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 10.2 (2019): 16-24.

SAMPOUW, Ridel Wiliam Samuel; MANOPPO, Christine Takarina Meitty; RIANTO, Indra. Pengembangan Video Profil Perusahaan Menggunakan Teknik Dubbing di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2022, 2.2: 224-232.

Downloads

Published

2024-04-21

How to Cite

Masruroh, A. ., Anggraini, D. ., & Zuniati, M. . (2024). DEVELOPING ANIMATED DUBBING VIDEOS TO TEACH SPEAKING FOR UNIVERSITY STUDENT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4941–4946. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27498