THE EFFECT OF CHATGPT APPLICATION TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING EXPOSITION TEXT AT THE EIGHT GRADE OF SMP NEGERI 37 MEDAN

Authors

  • Debora Simamora Universitas HKBP Nommensen
  • Fenty Debora Napitupulu Universitas HKBP Nommensen
  • Harpen Silitonga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27416

Keywords:

ChatGPT, Teks Eksposisi, Media Pengajaran.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris pengaruh penerapan ChatGPT terhadap blity siswa dalam menulis teks epoksposisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Di kelas eksperimen, peneliti menggunakan aplikasi ChatGPT sebagai media pengajaran sedangkan di kelas kontrol, peneliti menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah tes menulis yang dibagi menjadi pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari tes dianalisis dengan menggunakan program SPSS20. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yaitu apabila hipotesis t-signifikan 2 tailed (p) lebih rendah dari alpha 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap siswa yang menulis teks eksposisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi ChatGPT menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap penulisan eksposisi siswa di kelas delapan SMP Negeri 37 Medan.

References

Ahlsén, E., & Lundh, N. (2007). Teaching writing in theory and practice: A study of ways of working with writing in the 9th grade. Stockholm Institute of Education Department of Curiiculum Studies and Communication, 1–69. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:su:diva-7933

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Anonim. (2012). Characteristics of Expository Text. Montgomery County Public Schools, 1–2. http://mcnair5thgrade.yolasite.com

Basonggo, H., Said, M. M., & Dewi, A. K. (2016). Developing Writing Skill of Grade VIII Students Through Personal Letter. Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 4(1), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/243210-none-42b02208.pdf

Blake, E. (2018). Exposition Texts. 75–88. https://assets.readingeggsassets.com/teacher_resources/rex/writing/pdfs/upper/exposition_text_information_and_overview-fp-222c3d8f.pdf

Gill, S. S., & Kaur, R. (2023). ChatGPT: Vision and challenges. Internet of Things and Cyber-Physical Systems, 3, 262–271. https://doi.org/10.1016/j.iotcps.2023.05.004

Goyal, A. (2022). Data collecting Instruments and Tools in research. International Journal of Creative Research Thoughts, 10(5), 2320–2882. www.ijcrt.org

Imran, M., & Almusharraf, N. (2023). Analyzing the role of ChatGPT as a writing assistant at higher education level: A systematic review of the literature. Contemporary Educational Technology, 15(4). https://doi.org/10.30935/cedtech/13605

Kemala, A., Sastromiharjo, A., & Mulyati, Y. (2020). Students’ Problems in Writing Exposition Texts: Structure, Function, and Effectiveness. 430(Conaplin 2019), 11–14. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200406.003

Korb, K. A. (1014). Calculation Reliability of Quantitative Measures. Hkggjdjdhdhdfhshsh, 4(1), 1–14.

Made Ayu Widiastuti, N., & Santi Indriani, K. (2023). Assessment Rubric Design for Students’ English Problem-Solution Short Essay Writing. Eralingua Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 7(2), 459–472. https://writing9.com/text/5d2175ffa0d8370017b5e059.

Napitupulu, F. (2021). the Improving of Students Ability in Writing Research Background of Classroom Action Research Proposal By Using Scientific Approach. Visi Sosial Humaniora, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.51622/vsh.v2i1.321

Pebrianti, A. (2016). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). (Doctoral Dissertatio, FKIP UNPAS), 53(9), 1689–1699.

Santi, E., Faridi, A., & Khumaedi, M. (2020). Validity and Reliability Content of Assessment Instrument of Writing on Descriptive Paragraph Material Based on Picture. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290233

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal?: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Warnock, J. (1983). The Writing Process. Rhetoric Review, 2(1), 4–27. https://doi.org/10.1080/07350198309359052

Wennyta, D. H., Pd, M., Ismiyati, Y., & Pd, S. (2021). The First Advisor The Second Advisor.

wibowo, arya budi. (2013). Improving Writing Skill by Using Process Writing. Yogyakarta State Uniersity, 19461102.

Works Clearinghouse, W. (2012). Teaching Students to Use the Writing Process for a Variety of Purposes Topic Teaching Elementary School Students To Be Effective Writers Practice Writing Process. 1–7.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Simamora, D. ., Napitupulu, F. D. ., & Silitonga, H. . (2024). THE EFFECT OF CHATGPT APPLICATION TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING EXPOSITION TEXT AT THE EIGHT GRADE OF SMP NEGERI 37 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5037–5041. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27416