PERAN GENERASI Z DALAM PEMILU YANG BERSIH DAN DEMOKRATIS

Authors

  • Veronica Dela Rosa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Dinda Fadhila Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Nathasya Salsabilla Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Ridho Satria Tangguh Anwar Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Muhammad Randa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27252

Keywords:

Generasi Z; Pemilihan Umum; Pengawasan Pemil

Abstract

Dalam era digital yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, peran generasi milenial dan Gen Z dalam konteks politik dan pemilihan umum menjadi semakin penting. Meskipun mayoritas dari mereka aktif menggunakan media sosial sebagai platform utama untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi, mereka juga dihadapkan pada tantangan seperti penyebaran hoaks dan ujaran kebencian. Namun, partisipasi aktif mereka dalam pengawasan pemilu dapat memperkuat integritas dan keadilan dalam proses pemilihan. Pengalaman praktis menunjukkan bahwa kehadiran dan peran mereka dalam pengawasan pemilu memiliki dampak positif dalam mengurangi kecurangan dan memperkuat demokrasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, peningkatan peran dan kesadaran generasi Z dalam politik dapat menjadi kunci untuk menciptakan pemilihan umum yang bersih, inklusif, dan demokratis di masa depan.

References

Fadli Ramadhanil,dkk. (2015). Desain Partisipasi Masyarakat Dalam Pemantauan Pemilu. Jakarta Selatan: Perludem.

Mohammad Syaiful Aris. (2021). Hukum Pemilu: Filosofi dan Prinsip Pemilihan Umum dalam UUD NRI 1945. Jakarta Timur: Kelompok Intrans Publishing.

Agata Fanny Pakpahan,Dkk. (2024). “Pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) dalam Perspektif Gen Z terhadap Pesta Demokrasi 2024”. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol. 2 No. 1.

Alifya Rahil Ramadhina Miskal,Dkk. (2023). “Etika Gen Z dalam Menyampaikan Preferensi Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024 di Sosial Media”. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial,Vol. 1 No. 5.

Al Musa Karim,dkk.(2020). ”Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Media Sosial (Studi Deskriptif Tingkat Dan Pola Politik Partisipatif Gen-Z Kota Yogyakarta Melalui Pemanfaatan Aplikasi Instagram Tahun 2019”.Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik,Vol. 3, No. 2.

Amir,dkk. (2023). “Strategi Partai Amanat Nasional (PAN) Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik GEN-Z Pada Pemilu Legislatif Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2019”. Jurnal Lanskap Politik, Vol. 1 No. 3.

Anang Sujoko,Dkk. (2023). “Literasi Media Digital bagi Gen-Z di MAN 1 Kota Malang”. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 8 No. 4.

Charlie Thyawarta, dkk. (2024). “Studi Kasus Pertanggungjawabn Hukum Notaris DalaPembuatan Akta Otentik Ditinjau Dari Prinsip Kehati Hatian”. Jurnal Review hukuPendidikan dan Pengajaran, Vol 7 No 1.

Daniel Budiman Prayogo, dkk. (2023). “Strategi Impression Management Calon Presiden 2024

dalam Tayangan “3 Bacapres Bicara Gagasan” di Kanal YouTube Najwa Shihab

Menurut Masyarakat Gen-Z di Surabaya. Jurnal Scriptura, Vol. 13, No. 2.

Erna Wahyuningish,dkk. (2022). “Dampak Teknologi Informasi Dan Pentingnya

Protokoler Bagi Anak-Anak”. Jurnal Abdimas Perbanas, Vol. 3 No. 1.

Herwin Sagita Bela,dkk. (2023). ”Peran Pemuda Dalam Menyukseskan Pemilu Di Desa

Terusan Kecamatan Baturaja Timur Kabupatn Ogan Komering Ulu”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 4.

Iwan Setiawan,Dkk. (2024). “Pancasila Sebagai Landasan Gen Z dalam Mempertahankan Nilai Persatuan Pada Era Globalisasi”. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 9 No. 1.

Marisa Nabila, dkk. (2023). “Studi Literatur : Tantangan Dalam Menengakkan Hukum Keadilan Di Indonesoa”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol 7 No 1.

Moh Anton Suryadi. (2023). “Pengawasan Partisipatif Masyarakat Untuk Mewujudkan Pemilu Jujur Dan Adil”. Jurnal Hukum Politik dan Agama, Vol. 3 No. 1.

Nadya Hapsari Thrisianingsih Sukandar,Dkk. (2024). “Strategi Komunikasi Paslon Prabowo Gibran dalam Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Gen Z dan Milenial dalam Pemilu 2024”. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Vol. 2 No. 1.

Nina Andriana. (2022). “Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah

Satu Alat komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Gen Z) : Studi Kasus PDI-P Dan PSI”. Jurnal Penelitian Politik, Vol. 19 No.1.

Nuryadi Kadir. (2022). ”Media Sosial dan Politik Partisipatif : Suatu Kajian Ruang Publik, Demokrasi Bagi Kaum Milenial dan Gen Z”. Jurnal Resiprokal, Vol. 4 No. 2.

Riska Sarofa. (2023). “Pengaruh Pendidikan Politik Gen Z Dan Millenial Terhadap Upaya Mewujudkan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas”. Jurnal Ilmu

Politik Dan Pemerintahan, Vol. 9 No.

Saleh Al Hamid,dkk, (2023). ”Sosialisasi Literasi Politik dalam Menyongsong Pemilu 2024 Terhadap Pemilih Pemula di SMA Negeri 1 Bolangitang Timur”. Jurnal Pengabdian Pedagogika, Vol. 1 No. 2.

Satria Rizaldi Alchatib,dkk. (2021). ”Penguatan Nilai Demokrasi Melalui Peran Gen Z Indonesia Dalam Media Online”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 4

No. 3.

Zulharbi Amatahir. (2023). “Peran Mahasiswa Dalam Mencegah Politik Uang Dan Kecurangan Pemilu”. Jurnal Media Hukum, Vol. 11 No.2.

Downloads

Published

2024-04-06

How to Cite

Rosa, V. D. ., Fadhila, D. ., Salsabilla, N. ., Anwar, R. S. T. ., & Randa, M. . (2024). PERAN GENERASI Z DALAM PEMILU YANG BERSIH DAN DEMOKRATIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4654–4660. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27252