PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS IIA MIN 2 METRO

Authors

  • Eka Fitri Hastuti Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27216

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Menulis, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan menulis peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeleksi. Pengumpulan data yang digunakan dengan tes evaluasi dan observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIA MIN 2 Metro dengan jumlah 29 orang peserta didik yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 18 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, yaitu hasil dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 62,55 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal adalah 41,37%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 86,67 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal menjadi 93,10%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat peserta didik kelas IIA MIN 2 Metro.

References

Arsyad, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Elyana, L., & Latief, A. (2017, Januari). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Metode Gambar Media Konkrit Pada Anak Usia Dini. Pawiyatan, 26(1), 81-92.

Iskandarwassid. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurnaningsih, R. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Media Gambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIb. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yanti, R. D. (2014). Simulasi Terhadap Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII MTS. Negeri Jakarta Selatan. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 201.

Yudha Eko Prasetyo Utomo, d. (2019). Penerapan Model PIcture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan. Mimbar PGSD Undiksha, 55.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Hastuti , E. F. . (2024). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAGI PESERTA DIDIK KELAS IIA MIN 2 METRO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4618–4623. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27216