PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA MATERI KEBHINEKAAN

Authors

  • Dwi Masithoh Nur K. S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27206

Keywords:

Kegiatan Literasi, Hasil Belajar, Kebhinekaan

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih sering ditemukan, pada mata pelajaran pendidikan pancasila khususnya materi kebhinekaan yang sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Hal ini disebabkan karena mata pelajaran ini lebih mengutamakan hafalan daripada penalaran sehingga siswa cenderung kurang tertarik. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan literasi terhadap hasil belajar siswa SD kelas IV pada materi kebhinekaan. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dengan Quasi Experimental Design serta Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini siswa kelas IV B dan C SDN Menanggal 601 Surabaya dengan jumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data berupa lembar test. Menggunakan analisis statistik dengan uji hipotesis uji-T yaitu independent sample t-Test, sesuai judul penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh dari Kegiatan Literasi. Hasil uji T menampilkan bahwa penelitan ini mendapatkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikasi <0,05 maka ?0 ditolak dan ?1 diterima. Jadi disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pada kegiatan literasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.

References

Amane, A. P. O. (2023). BAB 4 Populasi Dan Sampel. Metodologi Penelitian Kuantitatif, 33.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23.

Fayza, A. A., & Nugraha, D. M. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 57–65.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.

Jamilah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Kebhinekaan Melalui Penggunaan Media Gambar Di Kelas III SD Islam Terpadu Al Ibrohimi Manyar Gresik. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(5), 587-602.

Maharani, R., Catur Putri, F. D., & Markum, M. (2023). Peningkatan Nilai Sikap Kebhinekaan Melalui Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 132–143. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i02.1594

Masruroh, S., Satrijono, H., Suhartiningsih, S., Puspitaningrum, D. A., & Alfarisi, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 220–228.

Mochamad Riyanto. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 48–54.

Nazilah, A., Sulistyawati, I., Pramulia, P., Pendidikan, J., & Sekolah, G. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pendahuluan Proses pembelajaran yaitu suatu interaksi yang dilaksanakan siswa berguna untuk mencapai sebuah keberhasilan suatu Dalam hal tersebut siswa akan dibantu oleh pendidik yang berperan sebagai.

Nisa, L. R., & Efendi, N. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 1–23.

Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–8.

Parmadi, B., Agiustora, O., Wembrayarli, W., & Noperman, F. (2022). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi Dalam Konteks Eksistensi dan Kreativitas Guru. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(1), 13–22.

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

S, D. M. N. K., & Sulistyawati, I. (2024). PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV PADA MATERI KEBHINEKAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4550–4555. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27206