CAMPUR KODE DALAM VIDEO YOUTUBE WARINTIL OFFICIAL KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Authors

  • Ramadani Saragih Universitas Sumatera Utara
  • Sugihana Sembiring Universitas Sumatera Utara
  • Amhar Kudadiri Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27128

Keywords:

Campur Kode, Youtube, Warintil Official, Sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa campur kode yang terjadi dalam youtube Warintil official. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini berupa jenis campur kode, dan faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya simak, sadap, bebas libat cakap, rekam dan teknik catat. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan metode padan translasional dengan teknik dasar pilah unsur penentu, didukung dengan teknik pembeda larik tulisan dan teknik pilah unsur penentu pembeda referen.  Hasil dari penelitian menunjukan terdapat dua jenis campur kode yang terjadi, yaitu campur kode ke dalam dan campur kode ke luar. Jenis campur kode dominan adalah jenis campur kode ke luar sebanyak 60 data sedangkan jenis campur kode ke dalam berjumlah 16 data. Faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode dalam youtube Warintil official antara lain penggunaan istilah yang lebih populer, mitra bicara, fungsi dan tujuan, untuk membangkitkan rasa humor, dan untuk sekedar bergengsi.

References

Baskoro, Adi. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta Selatan: Trans Media.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hs Widjono. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nafsiah, Atun Lulu. 2018. “Campur Kode dalam Kegiatan Sehari-Hari di Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Batu Selatan”. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Paino, N.P, 2021. Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Vlog Atta Halilintar: Kajian Sosiolinguistik . Basastra, 10 (2) 102-116.

Prihandini, A, Bustam, M. R, & Heriyati, N. 2016. “Campur dan Alih Kode Pada Pola Komunikasi antar Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan UNIKOM dalam Aplikasi Media Sosial-Kajian Sosiolinguistik”. Majalah Ilmiah UNIKOM: 14(2), 173-184.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu

Septiani, Dwi & Manaskina, A. 2020. Campur Kode Pada Akun Instagram @ Demakhariini (Kajian Sosiolinguistik). Basastra, 9(3) 226-243.

Suandi, Nengah. I. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Suwito. 1983. Perkenalan Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema Edisi ke-2. Surakarta: Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Saragih, R. ., Sembiring, S., & Kudadiri, A. . (2024). CAMPUR KODE DALAM VIDEO YOUTUBE WARINTIL OFFICIAL KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4435–4445. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27128