TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI SMP NEGERI 3 LOKAL JAUH RUPAT UTARA KABUPATEN BENGKALIS

Authors

  • Sondang Anugrah Universitas Islam Riau
  • M. Fransazeli Makarohim Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27035

Keywords:

Permainan Tradisional Congklak, Siswa SMPN 3 Lokal Jauh, Deskriptif Kualitatif.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa pada permainan tradisional congklak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek yang digunakan adalah beberapa siswa-siswi SMPN 3 Lokal Jauh Rupat Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan wawancara dan analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam penelitian ini beberapa siswa di wawancara tentang pengetahuan mereka permainan tradisional congklak. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tentang tingkat pemahaman siswa pada permainan congklak adalah terdapat kesepahaman siswa pada permainan Congklak. Saat itu siswa-siswi hanya mengenal permainannya saja, tapi setelah mereka mencoba bermain serta diajarkan oleh temannya mereka akhirnya bisa bermain. Namun ada juga terdapat beberapa perbedaan, atau lebih tepat nya para siswa tidak memahami atau mengerti tentang sejarah  dari permainan congklak dan manfaat dari permainan congklak juga mereka kurang memahami. Dikarenakan perkembangan semakin canggih saat ini siswa-siswi SMPN 3 tidak pernah memainkan permainan congklak lagi. Salah satu faktor ini menyebabkan siswa-siswi SMPN 3 menjadi tidak memahami permainan tradisional congklak, karena permainan ini cukup mudah dan termasuk jenis permainan tradisional yang dimainkan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Oleh karena itu, permainan tradisional congklak tetap dimainkan untuk menjaga kelestariannya dan membuatnya tetap berkembang walaupun perkembangan zaman sudah semakin maju.

References

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Alpen, Joni. 2016. “Keberadaan Olahraga Rakit Kreatif Di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Joni.” Jurnal Sport Area 1(1):18–26.

Gazali, Novri, Romi Cendra, and Yudi Putra. 2018. “Perkembangan Olahraga Tradisional Pacu Jalur Di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.” Jurnal Sportif?: Jurnal Penelitian Pembelajaran 4(2):205–19. doi: 10.29407/js_unpgri.v4i2.12324.

Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.

Sahrunayanti, Sahrunayanti, Magdalena Dema, and Wahyuningsih Wahyuningsih. 2023. “Pemanfaatan Media Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa.” Jurnal Penelitian Inovatif 3(2):433–46. doi: 10.54082/jupin.182.

Kurniati, Euis. 2019. Permainan Tradisional. Jakarta: Prenada Media Group.

sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Anugrah, S. ., & Makarohim, M. F. . (2024). TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI SMP NEGERI 3 LOKAL JAUH RUPAT UTARA KABUPATEN BENGKALIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4232–4238. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27035