PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26841Keywords:
Media Interaktif, Articulate Storyline 3, Prestasi Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline 3 terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memanfaatkan pendekatan eksperimen. Desain penelitian mengimplementasi bentuk one group pretest-posttest . Lokasi penelitian di SDN 1 Cihonje pada semester dua tahun pelajaran 2024/2025. Seluruh siswa kelas V SDN 1 Cihonje menjadi sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, dan angket. Bersumber pada perolehan hasil uji regresi linier sederhana nilai t hitung yang terletak pada daerah penolakan H 0 , yaitu t tabel < t hitung (2,473 < 5,837 dan 2,473 < 6,433) pengaruh yang ditimbulkan yaitu sebesar 56,70%. dan 61,46%. Hasil uji uji t sampel berpasangan terlihat bahwa thitung > t tabel , yaitu 2,473 > 18,948 dan pada motivasi belajar t hitung > t tabel , yaitu 14,846 > 2,473 dengan nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat diambil simpulan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline 3 terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa sekolah dasar .References
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Ayu Ketut Sinta, N., Gede Astawan, I., & Made Suarjana, I. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 211–219. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Budiarto, F. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Budiyono. (2023). Manajemen Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa (Muhyidin, Ed.; 1 ed.). PT Arr Rad Pratama. https://arradpratama.com/
Fraillon, J., Ainley, J., Schulz, W., Friedman, T., & Gebhardt, E. (2014). Preparing for Life in a Digital Age. Dalam Preparing for Life in a Digital Age. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14222-7
Gorra, V., & Bhati, S. (2016). Student’s Perception On Use Of Technology in The Classroom at Higher Education Institutions. This journal article is available at Research Asian Journal of Education and e-Learning, 4(3), 2321–2454.
Hendi, A., & Haenilah, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia, 4(2).
Mairina, V., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 34. https://doi.org/10.29210/3003720000
OECD. (2015). Students, Computers and Learning. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264239555-en
Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi. DIMENSI, 7(1), 19–35.
Redy Winatha, K., & Made Dedy Setiawan, I. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar The Effect Of Game-Based Learning Towards The Learning Motivation And Achievement.
Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research on Technology in Education (Vol. 123). www.iste.org.
Sebastian, R. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian , 3(2).
Soraya, R., Widya Ningtias, S., & Al Islam Tunas Bangsa, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 5(1). https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23 ed.). Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19, 121–138.
Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1).
Uno, H. (2006). Teori Motivasi & Pengukurannya (Junwinanto, Ed.). PT Bumi Aksara.
Uno Hamzah B., & Yustianti Fatna. (2012). Model Pembelajaran?: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif (1 ed.). Bumi Aksara.
Wijaya, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(01).
Yahya, R., Ummah, S. K., & Mahfud, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marian Nur Sabani, Karma Iswasta Eka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.