UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL PBL BERBANTU MEDIA EDU-PICTURE PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SD NEGERI 2 PANDAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26837Keywords:
Prestasi Belajar, Rasa Percaya Diri, Problem Based Learning.Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri melalui model problem based learning berbantu media edu-picture. Tindakan penelitian ini dilaksanakan karena prestasi belajar dan percaya diri pesera didik yang masih kurang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model kemmis MC Taggrat. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pandak dengan jumlah responden sebanyak 14 peserta didik. Data diambil melalui kegiatan observasi dan wawancara. Hasil pra siklus menunjukkan hanya 3 peserta didik yang tuntas mencapai KKTP. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas IV SDN 2 Pandak. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pada prestasi belajar siklus 1 presentase ketuntasan belajar mencapai 71% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86%. (2) Rasa percaya diri peserta didik juga mengalami kenaikan yaitu pada siklus I sebesar 47% kemudian pada siklus II percaya diri peserta didik meningkat menjadi 78,5%. Dengan adanya kenaikan tersebut dan telah tercapainya indikator keberhasilan maka penggunaan model problem based learning berbantu media edu-picture dapat meningkatkan prestasi belajar dan rasa percaya diri siswa.References
Abdullah, R. S., Prayitno, W., & Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Journal for Physics and Applied Physics, 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Dharma Santi, M., Nursyahidah, F., Andri Nugroho, A., & Estiyani. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 05(04), 12272–12280. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/2199/1837
Djamarah, S., B. (2010). Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dwi, R. (2019). Faktor Percaya Diri Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia.
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD, 7(2). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/download/478/396
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran (1st ed.). Klaten: Tahta Media Group.
Hesti, Pt., Wira, Gd., Nym, Ni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu.
Isabela, Surur, M., & Puspitasari, Y. (2021). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2). Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1291/1138
Isrok’tun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto, M., N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riyadi, A. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SD Negeri 2 Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 176-188. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/14730/14293
Safitri, E., Wawan., Setiawan, A., Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1). https://www.journal.assyfa.com/index.php/jptk/article/download/154/54
Septiana, I. T., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 14. doi: 10.26877/mpp.v13i1.5084
Suhelayanti, Syamsiah, Rahmawati, I., Rezeki Patricia Tantu, Y., Rewini kunusa, W., Suleman, N., Nasbey, H., Julhim, & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yasasan Kita Menulis.
Sudjana,N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(8). https://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola/article/view/108/55
Suryaningsih, S. (2023). Perbedaan Self Confidence Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/viewFile/4626/3501
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alya Hasna Afifah, Arifin Muslim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.