REPRESENTASI PEREMPUAN KEPALA RUMAH TANGGA DALAM VIDEO PARTISIPATIF SANITASI DI KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Ai Tina Agustina Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26776

Keywords:

Representasi, Perempuan, Gender, Video Partisipatif

Abstract

Perempuan merupakan bagian dari kesetaraan gender yang juga memiliki hak yang sama dengan hak yang dimiliki laki-laki. Meskipun hak-hak tersebut tidak sama persis, namun ada beberapa hak perempuan seperti memiliki posisi yang sama dengan laki-laki dalam berkehidupan di masyarakat. Memiliki hak mendapatkan pendidikan formal yang sama dengan laki-laki. Memiliki hak tidak diperlakukan kasar. Memilik hak untuk menyampaikan pendapat. Memiliki hak untuk berpolitik. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan terutama yang menjadi kepala rumah tangga digambarkan dalam video partisipatif ini. Juga ingin mengetahui secara mendalam pesan-pesan apa yang ingin mereka sampaikan melalui video partisipatif. Dalam video partisipatif berjudul Masalah Sanitasi Bagi Kepala Rumah Tangga Wanita, menggambarkan kehidupan sehari-hari Hae, Mimi, Iis, Yati, Nenah, Isma, Aam dan Iim.  Di dalam video partisipatif ini terlihat bagaimana gerakan feminisme dan kesetaraan gender yang diperlihatkan melalui video partisipatif. Untuk lebih memperkuat gambaran secara rinci tentang feminisme dan kesetaraan gender pada video partisipatif ini, maka peneliti menggunakan Teori Semiotika John Fiske yang memiliki teori utama yaitu The Codes of Television untuk dapat melihat dan memperjelas serta mempertajam bahwa dibalik video partisipatif ada representasi konotasi dan denotasi. Semiotika John Fiske menjelaskan 3 level yaitu realitas, representasi dan ideologi. Peneliti mengharapkan perempuan dalam video partisipatif ini terdeskripsikan dengan jelas. Hasil penelitian adanya penggambaran feminisme, kesetaraan gender dan penyampain pesan yang satu sama lain saling berkaitan. Feminisme yang ditemukan penulis hasil dari realitas dan representasi ada 5 penggambaran perempuan yaitu perempuan mandiri, perempuan rawan ekonomi, perempuan berekspresi dan berkarya, perempuan dan persoalan lingkungan, perempuan menyampaikan pesan. Dalam penyampaian pesan ditemukan adanya mata rantai pesan yang terputus anatara kelompok perempuan kepala rumah tangga dengan pemilik kebijakan. Kelompo perempuan kepala rumah tangga yang berjumlah delapan orang ini tidak pernah dilibatkan dalam penyadapan aspirasi-aspirasi mereka kepada pemerintah.

References

Dilematik, T., Jayanti, R., & Hasanudin, C. (2022). Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Representasi Kepribadian Tokoh Tariq pada Film Penyalin Cahaya. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 24–32.

Kemenko, P. M. K. (2019). Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pembangunan. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif.

Pah, T., & Darmastuti, R. (2019). Analisis semiotika john fiske dalam tayangan lentera Indonesia episode membina potensi para penerus bangsa di kepulauan sula. Communicare: Journal of Communication Studies, 6(1), 1–22.

Prakarsa, P. (2019). Pemimpin Perempuan Dalam Pencapaian SDGs Goal 1, 5 dan 8. Perkumpulan PRAKARSA.

Silfiah, R. I., & Humiati, H. (2023). The Relevance of Gender Mainstreaming in Indonesia to Women’s Rights in Islamic Law. Lampung Journal of International Law, 5(1), 15–28.

Sudirman, F. A., & Susilawaty, F. T. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs): Suatu Reviuw Literatur Sistematis. Journal Publicuho, 5(4), 995–1010.

Yuliawati, S. (2018). Perempuan atau wanita? Perbandingan berbasis korpus tentang leksikon berbias gender. Paradigma Jurnal Kajian Budaya, 8(1), 53–70.

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Agustina, A. T. . (2024). REPRESENTASI PEREMPUAN KEPALA RUMAH TANGGA DALAM VIDEO PARTISIPATIF SANITASI DI KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3875–3884. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26776