PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS ZAKIYUN NAJAH SEI RAMPAH

Authors

  • Nurhidayah Tanjung Universitas Al Washliyah Medan
  • Khairuddin Lubis Universitas Al Washliyah Medan
  • Abdul Azis Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26733

Keywords:

Kreativitas Guru, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Kreativitas guru yang ada di MTs Zakiyun Najah dalam meningkatkan minat belajar siswa. 2) Faktor pendukung dan penghambat kreativiatas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Zakiyun Najah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas guru yang ada di MTs Zakiyun Najah, berjalan cukup efektif dilihat dari cara guru menyampaikan pelajaran yang menggunakan beberapa metode yang sudah di kolaborasokan dan dimodifikasi dan mengikut sertakan siswa berperan aktif didalam materi yang di ajarkan, dari situ para siswa terlihat sangat antusias untuk menerima materi pembelajaran. Disamping itu guru juga melakukan pendekatan secara individu untuk memberikan motivasi secara lebih untuk dapat meningkatkan minat belajar siswanya. 2) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat kreativiatas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Zakiyun Najah diantaranya: a. Faktor pendukung. Salah satu faktor pendukung kreativitas guru adalah pihak sekolah telah memberikan fasiltas berupa buku bacaan untuk mengembangkan kreativitas guru dalam pembelajaran, dan menyediakan laptop untuk mencari revrensi di internet. Dari pihak skolah juga tidak pernah membatasi guru untuk berkreasi lebih. b. Penghambat. Salah satu faktor penghambat adalah terbatasnya waktu pembelajaran yang telah di berikan kepada guru terasa kurang sehingga guru merasa kurang maksimal dalam melaksanakan pembelajaran dengan siswa

References

Afrida, H., (2018) “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagi Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-guru SMA Muaro Jambi”, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15-22.

Fanka, Y., Lubis, M. S. A., & Matondang, A. R. (2022). Strategi Pendidik Dalam Membentuk Nilai Karakter Peserta Didik Pada Mts Al Washliyah Tanjung Morawa. Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 51-61.

Harsanto, R., (2017). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Indriani, S. D., Lubis, K., & Warda, Y. (2023). Studi Perbandingan Motivasi Belajar Antara Siswa Perempuan dan Laki-Laki pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Serdang Begadai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27155-27161.

Irwansyah, I., Aziz, A., & Mawaddah, R. (2024). Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Sialang Buah). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9911-9919.

Manab, A., (2015). Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia.

Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2022). Asesmen kompetensi minimum merdeka belajar ditinjau dari persfektif guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159-165.

Mujib, A., & Mudzakir. J, (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E., (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Cet. Ke-8. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Urrohmah, A., (2018) “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Negeri 70 Jakarta)”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Tanjung , N. ., Lubis, K., & Azis , A. . (2024). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS ZAKIYUN NAJAH SEI RAMPAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3800–3804. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26733