EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MEMBENTUK NILAI NILAI PENDIDIKAN SISWA MTS AL ISHLAHIYAH BINJAI

Authors

  • Asmayani Asmayani Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26658

Keywords:

Literasi Digital, Nilai Nilai Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Efektivitas Literasi Digital Dalam Membetuk Nilai Nilai Pendidikan Siswa di MTs Al Ishlahiyah Binjai”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Efektivitas literasi Dalam Membetuk Nilai Nilai Pendidikan Siswa di MTs Al Ishlahiyah Binjai Perkembangan teknologi informatika dapat mempermudahkan proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Bagi guru, media ini dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak sumber belajar. Bagi siswa, teknologi informatika dapat dijadikan juga sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Atas dasar pemikiran ini, penelitian ini berupaya mendeskripsikan peran literasi digital dalam pembentukan nilai nilai pendidikan siswa di MTs Al Ishlahiyah Binjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yaitu studi kasus.Subjekdalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di MTs Al Ishlahiyah Binjai. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: teknik reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa:  perilaku dalam mengikuti pendidikan dikalangan  siswa saat mengikuti pembelajaran terdiri atas perilaku duduk, perilaku mendengarkan, perilaku menjawab, dan perilaku kegiatan, yang dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar.(2) manfaat adanya literasi digital dalam membentuk perilaku belajar siswa adalah untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas belajar siswa, meningkatkan daya ingat siswa, memudahkan siswa memahami pembelajaran, mengajarkan siswa bagaimana menggunakan media digital dengan baik. meningkatkan daya berpikir siswa serta kreativitas.

References

Ahmadi, Farid., Dan Hamidullah Ibda. Media Literasi Sekolah. Semarang: Pilar Nusantara, 2018.

Desi, Yolanda Presiana. “Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi Dan Strategi”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.17. No.1. (2019): h.51-59. (Diakses 15 Februari 2021)

Gilster, Paul. Digital Literacy. Terjm. Budi Kusuma. New York: Willy, 2011.

Hobbs, R. “Media Literasi, Media Aktivisme”. Journal Of Media Literacy. Vol.43. No.3 (2010): h.16-27. (15 Febrruari 2021)

Kadir. Statistik Terapan: Konsep, Contoh Dalam Analisis Data Dengan Program SPSS/ Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Kominfo. Dewan Pers: Bercoda Untuk Antisipasi Media Nonpers. www.kominfo.com. (Diakses Pada 28 Februari 2021).

Romdhoni, Ali. Al-Qur’An Dan Literasi. Jakarta: Literatur Nusantara, 2013.

Sapardan, Dadang A. Implementasi Literasi Digital Di Sekolah. Bandung: Gramedia, 2018.

Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2017. Sulianta, Feri. Literasi Digital, Riset Dan Perkembangannya Dalam Perspektif Sosial Studies. Jakarta: Gramedia, 2020.

Tafsir Web. Quran Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5. www.tafsirweb.com. (Diakses Pada 23 Februari 2021). Wantimpres. Mencegah Degradasi Moral Generasi Muda. www.wantimpres. go.id. (Diakses Pada 28 Februari 2021)

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Asmayani, A. (2024). EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MEMBENTUK NILAI NILAI PENDIDIKAN SISWA MTS AL ISHLAHIYAH BINJAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3632–3636. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26658