PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS SERTA UMPAN BALIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS STUDI KASUS DI SD IT AL-KAFFAH BINJAI

Authors

  • Juliani Juliani Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26656

Keywords:

Pemberian Tugas, Nilai Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian tugas serta umpan balik pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan nilai religius siswa di SD IT Alkaffah Binjai. Permasalahan pendidikan di atas juga terjadi di SD IT Al-Kaffah. Binjai Berdasarkan data yang diperoleh dari kepala sekolah bahwa pembelajaran PAI  belum berjalan secara optimal. Menurut hasil wawancara tersebut, kepala sekolah menerangkan bahwa masih banyak peserta didik yang kurang siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas serta kurangnya jumlah jam belajar mandiri diluar jam sekolah.. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan SD IT Alkaffah Binjai berkomitmen untuk menanamkan nilai- nilai religius dalam mendidik siswanya sehingga memudahkan pelaksanaan untuk menanamkan nilainilai religius tersebut ke SD IT Alkaffah Binjai. Di SD IT Alkaffah Binjai menerapkan kawasan syar’i dalam berpakaian maka hal tersebut semua pihak yang terlibat dalam menanamkan nilai- nilai religius dalam membentuk karakter siswa Di SD IT Alkaffah Binjai harus memberikan teladan yang baik dalam berpakaian. Misalnya saja wali santri ketika memiliki urusan ke sekolah seperti membayar administrasi anaknya jika ditemukan memakai pakaian yang tidak tertutup maka tidak dilayani oleh pihak sekolah maka mereka diminta kembali kerumah untuk berganti pakaian yang lebih syar’i seperti memakai pakaian yang tertutup dan menggunakan jilbab.

References

abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Bandung: A. Pressido (Ed.)).

Alimuddin. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Penugasan Dan Resitasi Pada Siswa Sekolah Menengah Pertamna Di Balikpapan. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan, 2(1), 11–21.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta).

Gunarto. (2018). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (Bandung: Unissula Press).

Helmiati. (2017). Model Pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Press).

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (Bandung: Gunadarma).

Khoiriyah, N. F. (2022). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Dan Partisipasi Belajar Pai-Bp Di Upt Sd Negeri Gunung Gede 04 Blitar. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kurniawan, A., Noflidaputri, R., Supriyadi, A., Rahman, A. A., Arrobi, J., Arissandi, F., Sianipar, D., & Indriyati, C. (2020). Metode Pembelajaran Di Era Digital (Jakarta: PT. Global).

Kurniawati, I. (2018). Pemberian Tugas Berbasis Portofolio ( Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Viii G Smp N 30 Semarang ). In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Lahmi, K. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pai Dengan Menggunakan Metode Tugas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 19 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (Iain).

Lestari, S. P. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Gohong Rawai Ii Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas. In Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Mubarok, M. H. A. (2020). Implementasi Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Pai Di Smkn 29 Blok M Jakarta. In Skripsi. Nstitut Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an.

Muslimah. (2021). Nilai Religious Culture Di Lembaga Pendidikan (Aswaja Pre).

Nurhasanah, S. (2018). Strategi Pembelajaran (Semarang: Ikapi).

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Juliani, J. (2024). PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS SERTA UMPAN BALIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS STUDI KASUS DI SD IT AL-KAFFAH BINJAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3627–3631. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26656