PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN SUMBERBULU 1

Authors

  • Putri Oktafia Universitas Panca Marga
  • Ribut Prastiwi x Sriwijayanti Universitas Panca Marga
  • Shofia Hattarin Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26603

Keywords:

Media Papan Pintar Perkalian, Kemampuan Berhitung Siswa

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika mengalami hambatan yaitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian karena cara mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan jari tangan. Kondisi ini yang melatarbelakangi peneliti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran papan pintar perkalian yang memiliki tingkat kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan, serta dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SDN Sumberbulu 1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, yang diberikan kepada validator yaitu ahli media, ahli materi/isi, ahli pembelajaran/guru kelas, dan siswa kelas III. Hasil uji coba produk yang telah peneliti lakukan kepada ahli media sudah dikatakan sangat valid dengan hasil skor presentase 88% dan ahli media media mendapatkan hasil skor presentase 88% yang berada pada tingkat sangat valid. Berdasarkan uji coba lapangan, perolehan nilai dari guru kelas III memperoleh nilai 98% hasil ini termasuk dalam kategori sudah sangat valid. Dan pada hasil prestest dan posttes dapat dilihat bahwa siswa mengalami kenaikan terhadap nilai tes mereka sebelum menggunakan media pembelajaran (pretest) dan sesudah menggunakan media pembelajaran (posttest).

References

Afifah, H. N., & Meita, F. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2 N0 1, 41-47.

Fatmanissa, Namirah. 2021. Kajian Filsafati Merdeka Belajar Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Hattarina, S., Dwiyanti, A. N., Chemo, S., Sahar, N. A., & Haryanti, S. (2022). Pengembangan LKPD Beorientasi Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SDN Temenggungan. Journal on Teacher Education, 3(3), 173-179.

Jayanti, dkk. 2023. Numerasi Pembelajaran Matematika Sd Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media Publishing.

Khakima, L. N., dkk. 2021. Penerapan Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI Vol. 1.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sriwijayanti, Ribut Prastiwi., & Qomariah, Rysca Siti. (2021). Pengembangan Media Auto Play Pada Materi Struktur bagian Tumbuhan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Kabupaten Probolinggo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-12.

Wahyudi, A.T., dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di MI Alahsan Mendalanwangi Wagir. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 5 No.3.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Oktafia , P. ., Sriwijayanti, R. P. x, & Hattarin, S. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SDN SUMBERBULU 1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4345–4350. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26603