KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN MELALUI WEBSITE LAPAK MANJUR SERVICE QUALITY OF EMPLOYMENT ADMINISTRATION THROUGHT THE LAPAK MANJUR

Authors

  • Nia Afrianti Universitas Djuanda
  • Muhamad Husein Maruapey Universitas Djuanda
  • Gotfridus Goris Seran Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.26536

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kartu Angkatan Kerja (AK/1), Dinas Tenaga Kerja

Abstract

Upaya pemerintah dalam melakukan pengendalian dan mengontrol jumlah pengangguran yaitu dengan melakukan pengumpulan data mengenai dokumen yang berhubungan dengan ketenagakerjaan salah satunya Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/1). Untuk mempermudah proses pengumpulan data dan penerima layanan, dimanfaatkanlah teknologi sebagai sarana pelayanan. Adapun dalam proses pelaksanaannya masyarakat masih mengalami kendala. Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Ketenagakerjaan Melalui Website Lapak Manjur ini digunakan teori Parasuraman dalam Ridwanullah yang terdapat 5 dimensi yaitu Bukti Fisik (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuesioner/angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 85 orang responden masyarakat pemohon dokumen kartu AK/1. Hasil menunjukkan rekapitulasi pada dimensi Bukti Fisik (Tangibles) mendapatkan skor 3,77 dengan kategori Baik, dimensi Keandalan (Reliability) mendapatkan skor 4,22 termasuk pada kategori Sangat Baik, dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) mendapatkan skor 3,96 termasuk pada kategori Baik, dimensi Jaminan (Assurance) mendapatkan skor 4,12 termasuk pada kategori Baik, dan dimensi Empati (Emphaty) mendapatkan skor 4,18 termasuk pada kategori Baik. Maka dari itu, Kualitas Pelayanan Administrasi Ketenagakerjaan melalui website Lapak Manjur di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur menunjukkan skor rata-rata 4,05 termasuk pada kategori Baik

References

Arianto, Nurmin. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).

Jayusman, Iyus., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).

Maharani, Susana. (2019), Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Jurnal Manajemen. 2(1).

Lesmana, R. (2017). PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT . RADEKATAMA PIRANTI NUSA Berikut ini data penjualan PT . Radekatama Piranti Nusa Tahun 2013 dibawah ini?: Data Jumlah penjualan Jumlah Keluhan Pelanggan Tahun 2013- 2017 Jenis Keluhan / Complaint Tahun Ketepata. 2(2), 115–129.

Naufal, M., Indah, B., Citrawati, D., Harits, N., Maulana, H., Rahmayanti, D., Purnama, S., Sandroto, S., Putri, M., & Seran, G. (n.d.). Service Quality and its Determinants of Population Administration Service in Bogor Regency. 4531, 109–118.

Pada, S., Dinas, K., Kerja, T., Pasuruan, K., Khotimah, K., Muchsin, S., & W, R. P. (2019). Pelayanan Publik Berbasis Online dalam Pembuatan KArtu AK / 1 ( Antar Kerja ) menggunakan Sistim Hellowork Pasuruan . 13(5), 89–95.

Ridwanullah, M., Ayu, A., Wahyudin, C., Tri, D., Lira, I., & Goris, G. (n.d.). Implementation of E-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector. 4531, 168–178.

Sejarah, D. P. (2020). Jurnal Artefak Vol.7 No.1 April 2020 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak. 7(1), 13–20.

Sugiyono. (2019). Metode Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dn R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018c). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019a). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dokumen Tambahan:

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Afrianti, N., Husein Maruapey, M. ., & Goris Seran, G. . (2024). KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN MELALUI WEBSITE LAPAK MANJUR SERVICE QUALITY OF EMPLOYMENT ADMINISTRATION THROUGHT THE LAPAK MANJUR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6347–6354. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.26536